x

5 Sirkuit MotoGP yang Paling Banyak Malaikat Maut Merenggut Nyawa Pembalap

Senin, 20 Februari 2023 22:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kecelakaan tunggal Jorge Lorenzo latihan bebas 2 di Sirkuit Assen 2013

INDOSPORT.COM - Mengutamakan kecepatan tentu saja terdapat ancaman merenggut nyawa di ajang MotoGP. Berikut 5 sirkuit yang paling banyak merenggut nyawa pembalap sepanjang sejarah. 

Memang menarik dibahas sirkuit mana saja yang terdapat paling banyak malaikat maut, alias banyak nyawa terenggut setiap melintas di sana. 

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, sirkuit-sirkuit yang dipakai untuk kejuaraan kelas Grand Prix balap motor paling bergengsi di dunia ini memang punya tantangan masing-masing. 

Tantangan masing-masing sirkuit memang kerap menjadi ajang untuk para pembalap MotoGP unjuk gigi dan membuktikan mereka pantas balapan di kelas 1000cc ini. 

Balapan motor kelas premier memang sudah diadakan sejak 1949 silam. Namun untuk MotoGP sendiri, pertama kali digelar pada 2002 lalu. 

Baca Juga

Sejak digelar pertama kali dengan nama turnamen MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini sudah diselenggarakan di banyak negara. 

Di masing-masing negara para pembalap akan menguji kepiawaian mereka memacu motor di sebuah lintasan yang biasa disebut sirkuit. 

Banyak cerita yang melegenda tentang kemenangan termanis hingga kekalahan terpahit. Namun terdapat juga cerita yang membuat hati pilu, seperti nyawa rider melayang.

Baca Juga

Sepanjang sejarah INDOSPORT melihat terdapat beberapa sirkuit MotoGP yang seperti ada malaikat maut yang menjemput nyawa seorang pembalap. 

Beberapa di antaranya bahkan masih akan tetap dipakai untuk MotoGP 2023 mendatang. Simak di bawah ini, 5 sirkuit yang paling banyak malaikat maut merenggut nyawa rider. 


1. 5. Sirkuit Silverstone

Sirkuit Silverstone yang didera hujan lebat kala akan memulai MotoGP Inggris 2018.

Ada Sirkuit Silverstone yang berlokasi di Inggris dengan panjang 5.900 kilometer dan sudah menggelar balapan MotoGP sejak 1977. 

Sempat terhenti pada 1986 karena alasan keamanan, sirkuit kembali menggelar balapan MotoGP sampai sekarang. Memang, korban jiwa kerap berjatuhan di Sirkuit Silverstone. 

Baca Juga

Total, ada 4 pembalap MotoGP yang meninggal dunia karena kecelakaaan parah di sirkuit ini. Mereka adalah Norman Brown, Malcolm White, Patrick Pons dan Peter Huber. 

4. Sirkuit Monza

Sirkuit selanjutnya yang pernah menyebabkan pembalap MotoGP meninggal dunia adalah Sirkuit Monza. Dari namanya saja, sirkuit ini terletak di negara Italia. 

Arena balap ini menggelar MotoGP awal-awal yang dimulai dari 1949 namun dihentikan pada 1987. Salah satu alasan dihentikan adalah faktor keamanan. 

Baca Juga

Di Sirkuit Monza ini tercatat ada 4 pembalap MotoGP yang pernah meregang nyawa, yakni Jarno Saarinen, Adolfo Covi, Renzo Pasolini dan Rupert Hollaus. 

Kepergian para pembalap yang disebutkan tadi tentu meninggalkan duka mendalam. Karena beberapa di antara mereka adalah juara dunia. 

3. Sirkuit Isle Man TT Mountain Course

Pada urutan ketiga, ada lintasan balap yang terletak di Douglas, Isle of Man, yakni Sirkuit Isle Man TT Mountain Course. 

Baca Juga

Sirkuit yang punya panjang 60.718 kilometer ini sudah menggelar balapan motor sejak 1949. Namun banyak korban berjatuhan sejak saat itu. 

Yang paling terkenal adalah pembalap bernama Tom Phillips yang meregang nyawa ketika balapan di sana. Akhirnya pada 1976, MotoGP meniadakan balapan di sirkuit ini. 


2. 2. Sirkuit Assen

Sirkuit Assen.

Selanjutnya ada Sirkuit Assen yang berada di kota Assen, Belanda, yang ternyata masih jadi langganan MotoGP menggelar balapan. 

Sirkuit ini menjadi satu-satunya yang menggelar balap motor kelas premier sejak tahun pertama digelar pada 1949 silam. 

Namun sejak saat itu, sudah ada 7 pembalap MotoGP yang meninggal dunia dengan yang terakhir terjadi pada 1975, yakni Rolf Thiele karena kecelakaan parah. 

Baca Juga

1. Sirkuit Spa-Francorchamps

Yang terakhir adalah sirkuit yang paling banyak malaikat maut alias merenggut banyak nyawa pembalap MotoGP. Yakni Sirkuit Spa-Francorchamps, yang ada di Stavelot, Belgia. 

Sirkuit yang sampai sekarang jadi langganan balapan balap mobil bergengsi Formula One (F1), memang pernah menggelar MotoGP dalam jangka waktu tertentu. 

Menggelar MotoGP sejak 1949 silam, Sirkuit Spa-Francorchamps tidak lagi dipilih mengadakan balapan motor sejak 1990. Dari 1949 sampai 1990, terdapat 10 pembalap yang meninggal dunia di sini.

MotoGPMonzaMotoGP AssenSpa-FrancorchampsSirkuit SilverstoneMotoGP 2023

Berita Terkini