x

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Podium Terbanyak Sepanjang Sejarah

Rabu, 15 Februari 2023 11:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Dani Pedrosa dalam sesi FP1 Argentina.

INDOSPORT.COM - Satu hal yang unik dari olahraga balap motor MotoGP adalah tidak melulu tentang memenangkan balapan. Tapi para pembalap dengan podium terbanyak juga mendapat tempat di buku sejarah MotoGP.

Memenangkan balapan demi balapan memang sering menjadi momen bahagia untuk para rider. Yang berarti mereka berhasil menjadi yang tercepat dari puluhan pembalap lainnya. 

Baca Juga

Namun naik podium juga menjadi salah satu kebanggaan para rider, apalagi mereka yang masih rookie atau pemula di kejuaraan kelas tertinggi ini. 

Selain menjadi motivasi untuk balapan selanjutnya, para pembalap juga menjadikan kesempatan naik podium untuk bisa mengibarkan bendera negaranya. 

Sudah sejak awal dihelat, kejuaraan Grand Prix memang memperbolehkan tiga pembalap tercepat di suatu balapan mengibarkan bendera negaranya di atas podium. 

Baca Juga

Beberapa tahun terakhir, podium di masing-masing arena balap cukup berwarna. Ada banyak nama-nama baru yang mulai mencicipi rasanya naik podium dan mengibarkan bendera negaranya.

Seperti yang kita ketahui, MotoGP 2022 kemarin juaranya adalah pembalap milik Ducati Francesco Bagnaia.

Dari 20 race yang dilangsungkan tahun lalu, Bagnaia mampu mencatat 10 kali naik podium dengan 7 di antaranya keluar sebagai juara race. 

Baca Juga

Namun, menurut catatan sejarah, para pembalap MotoGP terbanyak podium sepanjang sejarah masih didominasi nama-nama beken. 

INDOSPORT sudah merangkum 5 pembalap dengan podium terbanyak sepanjang sejarah.


1. 5. Mick Doohan (95 podium)

Jorge Lorenzo saat di balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (06/05/19).

Mick Doohan merupakan pembalap asal Australia yang memang memiliki nama besar untuk dunia balap motor khususnya untuk Grand Prix.

Dia bahkan pernah memecahkan rekor sebagai pembalap pertama di kelas premier yang berhasil menyabet gelar juara dunia lima kali beruntun. 

Baca Juga

Selama aktif berkarir sebagai pembalap, Doohan mencatat 95 kali podium dengan 54 di antaranya berdiri paling tinggi alias memenangkan balapan. 

4. Dani Pedrosa (112 podium)

Pembalap selanjutnya yang punya catatan naik podium terbanyak adalah Dani Pedrosa. Rider satu ini terkenal setia. 

Pasalnya sepanjang karirnya, dia hanya membela satu tim saja untuk kelas MotoGP, yakin tim Repsol Honda dari 2006 hingga 2018. 

Baca Juga

Selama berkarir membela Repsol Honda, pembalap asal Spanyol itu sukses naik podium sebanyak 112 kali di MotoGP. 

Dari total podium tersebut, 31 di antaranya Dani Pedrosa berhasil memenangkan balapan. Namun sayang, dia tidak pernah juara dunia. 

3. Jorge Lorenzo (114 podium)

Jika membicarakan nama selain Valentino Rossi, mungkin di benak para penggemar MotoGP terlintas satu nama, yakni Jorge Lorenzo. 

Baca Juga

Dia memang pantas disebut legenda MotoGP dengan catatan pernah 114 kali naik podium yang di antaranya 47 kali keluar sebagai pemenang balapan. 

Dia juga pernah mencicipi gelar juara dunia MotoGP sebanyak tiga kali yakni pada 2010, 2012 dan 2015. 


2. 2. Marc Marquez (138 podium)

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

Sejak menapaki kelas premier MotoGP pada 2013, Marc Marquez memang sukses menyedot perhatian para pecinta MotoGP. 

Tentu saja, pembalap berjuluk The Baby Alien ini bahkan mampu menjadi juara dunia di musim perdananya di kelas premier. 

Untuk statistik naik podium juga tercatat jauh lebih banyak dari Lorenzo, yakni sebanyak 138 kali di MotoGP. Dengan 58 kemenangan dari 138 podium tersebut. 

Baca Juga

1. Valentino Rossi (199 podium)

Berbicara soal Valentino Rossi, tidak ada keraguan bahwa dia memang legenda hidup MotoGP. Dia menjadi rider paling sukses di zaman sekarang. 

Sejak mencicipi MotoGP pada awal 2000an, Rossi sudah mengoleksi 89 kemenangan dengan total podium sebanyak 199 kali. 

Pembalap yang sekarang menjadi mentor untuk sejumlah pembalap muda itu juga mengoleksi sebanyak tujuh gelar dunia MotoGP.

Marc MarquezValentino RossiJorge LorenzoDani PedrosaMotoGPMotoGP 2023

Berita Terkini