x

5 Rider MotoGP yang Bisa Jadi Kandidat Pengganti Marc Marquez di Honda Jika Pensiun

Kamis, 9 Februari 2023 22:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjalani tes sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Menarik untuk memperkirakan siapa saja rider MotoGP yang bisa menggantikan Marc Marquez di Honda jika pensiun dalam waktu dekat. 

Seperti yang sudah disaksikan oleh para fans MotoGP belakangan ini, Marquez memang sering absen dari arena balap karena mengalami cedera.

Baca Juga

Ya, The Baby Alien mengalami cedera pada tulang humerus kanannya karena mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol 2019 lalu.

Kemudian ia menjalani operasi keempatnya dan sempat nyaris membuat dirinya absen selama semusim penuh di MotoGP usai kecelakaan di GP Mandalika 2022 lalu.

Bahkan pembalap Repsol Honda itu mengaku dirinya sempat kepikiran pensiun dari MotoGP usai mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga

Pengakuan Marquez ia katakan secara langsung saat diwawancarai oleh BT Sports, di mana ia mengaku sempat ingin pensiun dari ajang MotoGP karena kecelakaan highside yang ia alami di sirkuit di Lombok. 

Bahkan kecelakaan yang dialami oleh Marquez disebut sebagai salah satu highside paling buruk yang pernah terjadi di ajang MotoGP.

Kecelakaan ini juga membuat dirinya mundur dari MotoGP Mandalika, dan absen selama beberapa balapan karena menjalani operasi keempatnya dan membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Baca Juga

Namun baru-baru ini, Marquez telah melakukan pemeriksaan kebugaran di Austria jelang MotoGP 2023. Hasilnya pun tampak memuaskan jika menurut pengumuman resmi Honda. 

Kendati siap untuk kembali mengacak-acak bursa juara MotoGP 2023, banyak yang menyebut, Marquez tidak lama lagi akan pensiun. Berikut 5 rider yang cocok menggantikannya. 


1. 5. Enea Bastianini

Enea Bastianini

Enea Bastianini termasuk pembalap baru di level premium MotoGP, terhitung dia baru dua musim membela Gresini Racing. 

Penampilannya cukup mencuri perhatian para fans MotoGP. Terbukti, dia baru dipromosikan dari tim satelit Ducati ke tim utama karena bersinar di MotoGP 2022 lalu. 

Baca Juga

Pada musim 2022 kemarin, pembalap asal Italia itu bahkan cukup meramaikan persaingan juara. Dengan mengoleksi empat kemenangan dan 6 kali berhasil naik podium.

4. Jorge Martin

Remy Gardner hengkang dari MotoGP yang membuat Jorge Martin menjadi salah satu rider termuda di musim 2023. 

Lahir di Madrid pada 19 Januari 1998, usianya sudah menginjak 25 tahun. Namun tahun pertamanya di MotoGP adalah musim 2021. 

Baca Juga

Sejauh ini, dia sudah 8 kali naik podium dengan baru mengemas satu kemenangan balapan. Dia terkenal jago di sesi kualifikasi, dengan mencatat 9 pole position di kelas premier ini.

Dengan konsisten di posisi 10 besar dalam dua musim perdananya di MotoGP, mungkin Honda bisa memasukkannya dalam daftar calon pengganti Marquez di tahun depan. 

3. Francesco Bagnaia

Nama satu ini berhasil mengejutkan banyak orang dengan menyegel gelar juara dunia MotoGP 2022 bersama tim Ducati Lenovo. 

Baca Juga

Dari 20 race yang dilangsungkan tahun lalu, Bagnaia mampu mencatat 10 kali naik podium dengan 7 di antaranya keluar sebagai juara race.  

Menarik untuk mengetahui apakah Ducati tetap memprioritaskan Bagnaia atau berusaha memoles skill balap Bastianini. Jika pilihan kedua diambil, Bagnaia bisa saja ke Honda. 


2. 2. Joan Mir

Pebalap Yamaha MotoGP Fabio Quartararo merayakan di podium setelah memenangkan balapan MotoGP di Jerman. Foto: REUTERS/Lisi Niesner

Nama selanjutnya adalah Joan Mir, yang bahkan sudah resmi gabung Honda untuk mengarungi 21 sirkuit di MotoGP 2023 mendatang. 

Sebelumnya, Joan Mir merupakan juara MotoGP 2020 bersama Team Suzuki Ecstar. Namun Suzuki memutuskan untuk tidak ikut MotoGP 2023. 

Dengan modal gelar juara dunia MotoGP 2020, langkah Honda untuk segera merekrut Joan Mir dirasa cukup tepat. Dia bisa jadi pengganti ideal jika nanti Marquez pensiun. 

Baca Juga

1. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo memang masih cukup muda, tapi dia sudah dipandang sebagai pembalap berpengalaman di grid MotoGP.

Bahkan pembalap yang dijuluki El Diablo ini sudah mencicipi gelar juara dunia MotoGP pertamanya di musim 2021 bersama Tim Monster Energy Yamaha.

Jika Marquez pensiun dalam waktu dekat, merekrut Quartararo dan memasangnya bersama dengan Joan Mir, diyakini Honda bisa mengembalikan kejayaannya yang sedang redup.

Marc MarquezMotoGPEnea BastianiniFabio QuartararoFrancesco BagnaiaJoan MirJorge MartinMotoGP 2023

Berita Terkini