x

5 Pembalap F1 yang Pernah Dilarang Balapan, Ada Michael Schumacher!

Selasa, 21 Februari 2023 19:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Michael Schumacher

INDOSPORT.COM - Larangan untuk balapan adalah hukuman terberat bagi seorang pembalap. Di sepanjang kariernya, terdapat sejumlah pembalap yang pernah menerima hukuman tersebut, bahkan Michael Schumacher sekalipun.

Hukuman tersebut bisa datang dari berbagai faktor. Namun, faktor terbesar umumnya datang dari gaya balapan yang terlalu agresif sehingga bisa membahayakan.

Baca Juga

Saking membahayakannya, hukuman tersebut tidak hanya berupa larangan satu kali balapan saja, bahkan ada yang sampai dua atau tiga kali balapan.

Hukuman tersebut tidak tebang pilih, semua pembalap bisa mengalaminya, termasuk pembalap legendaris itu sendiri.

Untuk mengetahuinya, berikut lima pembalap F1 yang pernah dilarang untuk balapan.

Baca Juga

Eddie Irvine (GP Brasil 1994)

Eddie Irvine selalu menjadi karakter yang menarik. Dia bertarung memperebutkan gelar di musim F1 1999 meski akhirnya kalah satu poin dari Mika Hakkinen.

Namun sebelum mencapai puncak kariernya, Eddie pernah berada di titik terendah dalam hidupnya. Salah satunya adalah episode di F1 GP Brasil 1994.

Baca Juga

Pembalap asal Irlandia itu terlibat dalam kecelakaan empat mobil yang mengerikan. Insiden tersebut melibatkan Benetton dari Jos Verstappen dan McLaren dari Martin Brundle.

Eddie Irvine dinyatakan bersalah atas kecelakaan itu dan diganjar dengan larangan satu balapan karena mengemudi yang tidak bertanggung jawab.


1. Nigel Mansell (GP Portugis 1989)

Pembalap tim Haas Formula 1, Romain Grosjean poses saat pemotretan bersama mobil VF17 barunya di Sirkuit Catalunya.

Akhir 1980-an adalah waktu yang berbeda. Nigel Mansell ditangkap karena pelanggaran peraturan saat dirinya mundur di pitlane setelah kegagalan pitstop.

Pembalap asal Inggris itu diberikan bendera hitam, tetapi mengabaikannya. Namun, Mansell mengakibatkan tabrakan dengan Ayrton Senna sehingga membuatnya dilarang satu ronde.

Baca Juga

Romain Grosjean (GP Belgia 2011)

Pada 2011, Romain Grosjean kembali ke F1 sebagai pembalap. Tetapi, pembalap kelahiran Swiss ini terlalu banyak terlibat kecelakaan.

Baca Juga

Saat awal balapan di GP Belgia, Grosjean melewatkan titik pengereman sehingga terjadi tabrakan dengan banyak pembalap, termasuk Lewis Hamilton dan Fernando Alonso.

Itu adalah satu dari sekian banyaknya kecelakaan Grosjean di F1. Karena terlalu sering, para steward menghukumnya dengan larangan satu balapan di GP Italia.


2. Mika Hakkinen (GP Jerman 1994)

Michael Schumacher bersama sang istri, Corinna.

Orang Finlandia dikenal dengan keramahan dan perilaku sopan santunnya. Tetapi, berbeda dengan Mika Hakkinen saat muda yang gaya balapannya gegabah.

Salah satu buktinya adalah akibat insidennya dengan Rubens Barrichello di GP Jerman 1994 karena melakukan manuver agresif di akhir balapan.

Baca Juga

Namun, keadaan menjadi lebih buruk ketika Hakkinen memicu kecelakaan banyak mobil balap lainnya di Hockenheim sehingga dia dihukum lagi.

Michael Schumacher (GP Inggris 1994)

Bahkan, nama besar Michael Schumacher pun tidak luput dari hukuman larangan balapan ini. Ya, hukuman ini terjadi di awal kariernya, yakni di GP Inggris 1994.

Semua berawal ketika Schumacher menyalip Damon Hill selama putaran formasi hanya untuk mengembalikan tempatnya. Menurut peraturan, dia diberi bendera hitam sehingga didiskualifikasi.

Baca Juga

Pembalap legendaris asal Jerman itu pun tidak terima dan melanjutkan balapan saat para krunya melakukan protes kepada steward.

Akan tetapi, protes tersebut tidak menghasilkan apa-apa sehingga Schumacher tetap dijatuhi larangan dua balapan.

F1Michael SchumacherFormula 1Romain GrosjeanBerita F1

Berita Terkini