x

5 Pembalap Formula 1 yang Mendapat Gaji Tertinggi Jelang Musim 2023, Hamilton Bukan Urutan Pertama

Sabtu, 25 Februari 2023 18:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lewis Hamilton and Williams George Russell, bakal setim di Mercedes F1 2022.

INDOSPORT.COM - Formula 1 merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Wajar jika para pembalap mendapat gaji tinggi. Berikut 5 pembalap dengan gaji paling mahal di musim 2023. 

Musim 2023 akan sebentar lagi dimulai tepatnya pada 5 Maret 2023 mendatang di Bahrain International Circuit, Sakhir. 

Baca Juga

Pembalap dari tim Oracle Red Bull Racing Max Verstappen akan dinanti performanya memulai musim 2023. 

Pasalnya, Ia sukses mempertahankan gelar juara dunia yang sempat diraih pada musim 2021.

Tentu saja kesuksesan menjadi juara dunia dua musim beruntun, membuat Verstappen mendapatkan total gaji yang cukup besar. 

Baca Juga

Sementara itu, pembalap bergaji paling tinggi sebelumnya Lewis Hamilton harus rela tergeser karena musim 2022, dirinya bisa dibilang mengalami nasib apes. 

Pembalap asal Inggris ini memang sangat sulit di 2022 dengan hanya meraih 9 podium tanpa satu pun kemenangan balapan. 

Alhasil, Hamilton harus puas mengakhiri musim di peringkat keenam pada klasemen akhir. Memang faktor usia sangat berpengaruh kepada pembalap yang sukses menjuarai gelar tujuh kali tersebut.

Baca Juga

Lantas di urutan berapakah Hamilton sebagai pembalap gaji tertinggi jelang musim 2023 dimulai?

Berikut INDOSPORT sudah buatkan daftar 5 pembalap Formula 1 dengan gaji paling tinggi jelang musim 2023 dimulai, mengutip RacingNews365


1. 5. Carlos Sainz

Pembalap McLaren, Lando Norris.

Carlos Sainz Jr merupakan putra dari seorang pembalap ternama yakni Carlos Sainz Sr. Kini, dia membalap di F1 bersama tim Scuderia Ferrari. 

Pembalap asal Spanyol itu mengaspal di ajang Formula 1 sejak 2015 lalu, dengan sudah membela beberapa tim. 

Baca Juga

Wajar jika Ferrari memberi gaji yang cukup besar untuknya. Carlos Sainz Jr mendapat gaji sebesar 12 juta dollar AS atau sekitar Rp183,18 miliar per tahunnya. 

4. Lando Norris

Lando Norris ternyata salah satu pembalap yang masuk lima besar dalam daftar gaji tertinggi di 2023. Padahal dia masih cukup muda untuk seukuran pembalap Formula 1. 

Lando Norris masuk dalam daftar pembalap termuda yang akan berlaga di F1 2023. Saat ini usianya adalah 23 tahun.

Baca Juga

Musim 2023 ini adalah musim kelima Norris bersama McLaren di Formula 1. Selama empat tahun di balapan jet darat tersebut, ia sudah naik podium sebanyak 6 kali.

Empat tahun di Formula 1 tampaknya wajar jika McLaren memberinya gaji sebesar 20 juta euro per tahunnya. Kontraknya juga masih berlangsung hingga 2025 mendatang. 

3. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton memang seorang pembalap ternama yang tidak perlu diperdebatkan lagi kualitasnya. Bahkan dia sempat menjadi pembalap dengan gaji tertinggi di dunia. 

Baca Juga

Namun jelang musim 2023 dimulai, tampaknya pembalap asal Inggris ini tidak lagi jadi yang tertinggi bayarannya. 

Kini, dia harus puas hanya berada di urutan ketiga dengan gaji sebesar 35 juta dollar AS dari Mercedes. Dia tergeser dari peringkat dua musim lalu karena kenaikan gaji Charles Leclerc di Ferrari. 


2. 2. Charles Leclerc

Pebalap Ferrari Charles Leclerc merayakan di podium setelah finis kedua di Grand Prix Italia. Foto: REUTERS/Massimo Pinca

Jika menurut laporan sebelumnya, Charles Leclerc memang mendapat gaji sebesar 24 juta dollar AS per tahunnya. 

Namun laporan terbaru mengatakan Leclerc kini mendapatkan kenaikan gaji hingga sekarang mencapai 36 juta dollar AS per tahunnya. 

Menurut beberapa media, kenaikan gaji yang signifikan ini dilakukan Ferrari karena penampilan luar biasa pembalap 25 tahun. Leclerc memang finish di posisi ke-2 klasemen musim lalu. 

Baca Juga

1. Max Verstappen

Max Verstappen adalah juara bertahan Formula 1 selama dua musim beruntun. Wajar jika dia menempati posisi teratas untuk gaji paling tinggi. 

Red Bull Racing tentu mengapresiasi penampilan konsisten pembalap asal Belanda itu selama dua musim terakhir. 

Termasuk bonus, gaji yang diterima Verstappen pun hampir dua kali lipat dari Hamilton dan Leclerc. Yakni sebesar 55 juta dollarr AS atau sekitar Rp893 miliar per tahunnya.

Lewis HamiltonMercedes AMG F1Red Bull F1Max VerstappenFormula 1Carlos Sainz JrCharles LeclercLando Norris

Berita Terkini