x

5 Rekor yang Berpeluang Pecah di MotoGP 2023, Ada Milik Valentino Rossi

Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Banyak rekor yang kemungkinan bisa dipecahkan oleh para pembalap di MotoGP musim 2023 ini. 

Sekitar kurang dari satu bulan lagi kejuaraan dunia MotoGP 2023 akan kembali bergulir yakni di GP Portugal pada 26 Maret mendatang.

Selain mencetak sejarah menggelar seri balapan terbanyak, pada musim ini pun terasa spesial karena ajang kuda besi itu bakal menggunakan format baru.

Yakni format sprint race yang digelar pada Sabtu dan main race pada Minggu, mirip dengan format yang telah digunakan di ajang balap mobil Formula 1 (F1).

Nantinya, poin sprint race bakal diberikan untuk sembilan rider tercepat dengan sistem setengah poin dari main race, yang di berikan penuh untuk 15 pembalap.

Baca Juga

Untuk contohnya ialah pembalap tercepat di spint race akan mendapatkan 12 poin, sedangkan rider terdepan akan mendapatkan 25 poin di main race.

Penggunaan format baru ini juga memberikan hal yang berbeda. Salah satunya ialah dihapusnya sesi Warm Up (WUP) yang biasanya berlangsung sebelum main race untuk kelas Moto2 dan Moto3.

Baca Juga

Sementara itu, setelah menggelar sesi tes pramusim, para pembalap akan beraksi di MotoGP Portugal yang digelar 26 Maret mendatang.

Jelang bergulirnya MotoGP musim baru sejumlah hal baru akan tersaji yang bikin kompetisi lebih menarik di musim ini. 

Musim ini juga disebut-sebut bakal jadi musim terbaik MotoGP, pasalnya banyak rekor yang berpeluang bisa dipecahkan oleh para pembalap di musim 2023 ini. Rekor apa saja itu?


1. Pembalap yang Sering Menang dengan Pabrikan Berbeda

Maverick Vinales saat balapan di Misano World Circuit

Saat ini ada dua pembalap terbaru yang mampu meraih banyak kemenangan dengan pabrikan berbeda yakni Maverick Vinales dan Jack Miller.

Keduanya berpotensi jadi pembalap kelima dan keenam yang mampu meraih kemenangan dengan pabrikan berbeda. Vinales dan Miller sudah menang dengan dua pabrikan berbeda.

Vinales sudah pernah menang dengan Suzuki dan Yamaha, sementara Miller pernah menang dengan Honda dan Ducati. 

Empat rider lain yang masuk klub elite ini adalah Mike Hailwood, Eddie Lawson, Randy Mamola, dan Loris Capirossi.

Joan Mir (Honda), Alex Rins (Honda), dan Miguel Oliveira (Aprilia) berpotensi masuk ke daftar pembalap GP500/MotoGP yang mampu meraih kemenangan dengan dua pabrikan berbeda.

Baca Juga

Rekor Marc Marquez

Marc Marquez jadi satu-satunya pembalap aktif yang bisa memecahkan rekor kemenangan terbanyak milik Giacomo Agostini (68 kemenangan). Saat ini Marquez sudah mengoleksi 59 kemenangan di MotoGP.

Ia juga bisa mematahkan rekor Angel Nieto (90 kemenangan) sebagai pembalap Spanyol dengan kemenangan terbanyak di ketiga kelas Grand Prix.

Baca Juga

Samai Rekor Valentino Rossi

Saat ini Marquez telah mengantongi 8 gelar dunia dari ketiga kelas Grand Prix. Jika berhasil menyabet gelar musim ini, maka ia akan menyamai rekor Valentino Rossi (9 gelar dunia). 

Baca Juga

Performa Fabio Quartararo 

Fabio Quartararo saat ini merupakan pembalap Yamaha dengan koleksi podium terbanyak di MotoGP dengan 28 podium.

Catatan Pembalap Jepang

Takaaki Nakagami bisa menjadi pembalap Jepang pertama yang mampu meraih kemenangan di GP500/MotoGP sejak Makoto Tamada di MotoGP Jepang 2004.

Namun, ia masih harus menjadi pembalap Jepang pertama yang naik podium di GP500/MotoGP sejak Katsuyuki Nakasuga di MotoGP Valencia 2012.

Marc MarquezValentino RossiMotoGPMaverick VinalesFabio QuartararoMotoGP 2023

Berita Terkini