x

5 Sirkuit MotoGP dengan Lintasan Paling Pendek di MotoGP 2023 Mendatang

Rabu, 22 Februari 2023 11:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Marc Marquez di Gp Jerman sirkuit Sachsenring pada tahun 2018 lalu. Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images

INDOSPORT.COM - Banyak sirkuit menantang di perhelatan MotoGP termasuk mereka yang punya lintasan paling pendek sekali pun. Pada 2023, ada 5 sirkuit yang punya lintasan terpendek, di mana saja?

Sejak pertama kali digelar pada 1949, MotoGP memang audah menjadi favorit para penggemar balap motor. Sejak itu pula, sudah banyak sirkuit yang dipakai menggelar balapan. 

Baca Juga

Tercatat sebanyak 73 sirkuit berbeda sudah dipakai untuk menjamu balapan kuda besi hingga gelaran MotoGP 2022 kemarin. 

Sirkuit pertama tempat MotoGP atau dulu namanya kejuaraan dunia 500cc, adalah Isle of Man TT dengan panjang 60.718 km. Yang juga menjadi sirkuit dengan jadak lintasan terpanjang sejarah kejuaraan balap motor dunia.

Untuk musim 2023 yang akan digelar pertama kali pada 26 Maret mendatang juga terdapat perubahan tempat atau sirkuit untuk memulai kejuaraan. 

Baca Juga

Jika dalam beberapa tahun terakhir MotoGP selalu dimulai di sirkuit Qatar, Lusail International Circuit, tahun ini berbeda. Race pertama untuk musim 2023 adalah Algarve International Circuit di Portugal.

Di musim yang baru ini juga terdapat dua sirkuit baru untuk menggelar balapan motor kelas premier. Yakni Sirkuit Sokol di Kazakhstan dan Sirkuit Buddh di India.

Sementara salah satu sirkuit ikonik di setiap gelaran MotoGP, yakni Sirkuit Aragon hilang alias tidak lagi dipakai di musim 2023. 

Baca Juga

Namun kita tidak membahas sirkuit secara umum, melainkan lebih spesifik yakni sirkuit-sirkuit dengan lintasan paling pendek yang akan dipakai di MotoGP 2023. 

Kebetulan 5 sirkuit dengan lintasan paling pendek yang akan kita bahas di slide selanjutnya semua ada di Eropa. Yuk simak selengkapnya. 


1. 1. Sirkuit Sachsenring

Sachsenring Jerman

Sirkuit Sachsenring terhitung menjadi sirkuit terpendek pada sejarah MotoGP. Hal ini membuat posisi grid sangat penting di babak kualifikasi.

Sirkuit paling pendek ini berada di Kota Hohenstein-Ernstthal, Jerman, dengan panjang lintasan hanya 3,671 km. 

Baca Juga

Meski begitu, terdapat tantangan tersendiri untuk para rider karena memiliki lintasan lurus sepanjang 700 m. Tidak semua rider punya konsistensi yang dibutuhkan di trek panjang dan lurus. 

2. Sirkuit Ricardo Tormo

Setelah Sachsenring, ada Sirkuit Ricardo Tormo yang berada di wilayah Cheste, Valencia, Spanyol. Sirkuit ini menjadi salah satu yang terpendek di 2023. 

Sirkuit ini punya lintasan pendek dengan hanya jarak tempeh 4,005 km. Yang menuntut fokus tinggi rider karena terdapat trek lurus nan panjang sejauh 876 m. 

Baca Juga

Ricardo Tormo juga memiliki karakter yang berlawanan dengan arah jarum jam. Seperti 14 tikungan dengan lima ke kanan dan sisanya ke kiri, ini cukup membuat repot para rider. 

Juara bertahan 2022 lalu Francesco Bagnaia menjadi pembalap generasi sekarang yang masuk dalam daftar lap tercepat di sirkuit ini. 

3. Sirkuit Bugatti

Selanjutnya ada Sirkuit Bugatti yang beada di Kota Le Mans Prancis dengan lintasan hanya 4,185 km. 

Baca Juga

Sirkuit ini merupakan versi pendek dari Sirkuit Le Mans yang legendaris yang sering dipakai untuk balap ketahanan Le Mans 24 jam. 

Meski versi pendek, Sirkuit Bugatti juga menuntut fokus para pembalap yang melintasinya karena punya trek lurus sepanjang 674 m. 


2. 4. Sirkuit Misano

Sirkuit Red Bull Ring.

Sirkuit ini terletak di Kota Misano Adriatico Italia yang dikenal dengan nama Sirkuit Misano. Panjangnya hanya 4,064 km. 

Selain trek lurus sepanjang 530 m, sirkuit ini juga punya banyak tikungan, dengan enam ke kanan dan 10 ke kiri.

Sirkuit ini akan dipakai di MotoGP 2023 pada Grand Prix di September. Terakhir kali pembalap yang mampu lap tercepat di sirkuit ini adalah Enea Bastianini dari Tim Ducati Lenovo. 

Baca Juga

5. Sirkuit Red Bull Ring

Sirkuit ini berada di kota Spielberg Austria dengan panjang lintasan hanya 4,300 km. Red Bull Ring juga masih akan dipakai untuk MotoGP 2023. 

Red Bull Ring memiliki trek lurus yang cukup panjang, yakni 626 meter. Namun untuk tikungan, hanya 10 kali saja. 

Pada MotoGP 2023, para pembalap akan kembali mengaspal di sirkuit ini pada 20 Agustus mendatang.

MotoGPRicardo TormoSirkuit Red Bull RingSirkuit SachsenringSirkuit MisanoMotoGP 2023

Berita Terkini