x

6 Pembalap Terbaik yang Tunggangi Suzuki Sejak Era MotoGP, Ada yang Sampai Juara!

Rabu, 15 Februari 2023 16:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Joan Mir, juara motogp 2020

INDOSPORT.COM - Sebelum hengkang dari MotoGP, Suzuki pernah menyuguhkan para penggemar sebanyak 6 pembalap terbaik di lintasan balap. Siapa sajakah mereka?

Suzuki memang punya rekam jejak yang luar biasa di era MotoGP. Mereka bisa dibilang tim yang mampu menyulitkan dominasi Honda dan Yamaha. 

Baca Juga

Bahkan Suzuki berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 lewat pembalapnya bernama Joan Mir. Namun pada Mei 2020, mulai bermunculan rumor Suzuki akan hengkang dari MotoGP. 

Hingga pada akhir musim 2022, Suzuki pun mengumumkan secara resmi mundur dari kejuaraan musim 2023. Tidak hanya MotoGP, tapi juga keluar dari semua lomba balap motor lainnya. 

Tentu saja hal ini membuat para penggemar MotoGP terkejut dan rumor yang beredar tentang mundurnya Suzuki adalah karena masalah finansial. 

Baca Juga

MotoGP sendiri merupakan era baru menggantikan kelas premier 500cc yang sudah dimulai sejak 2002. Sejak itu pula, Suzuki sudah menelurkan banyak pembalap berkualitas. 

Di bawah ini, INDOSPORT sudah merangkum sebanyak 6 pembalap top yang pernah menunggangi motor Suzuki. Salah satunya pernah juara MotoGP.

6. Aleix Espargaro

Aleix Espargaro memang sekarang menjadi pembalap andalan di tim Aprilia. Namun pada 2015-2016 lalu, dia berada di bawah payung Suzuki. 

Baca Juga

Dia termasuk salah satu pembalap berkualitas meski prestasi terbaiknya hanyalah pole position di GP Catalunya 2015. Namun, Aleix dianggap punya keahlian mengembangkan motornya. 

Hal itu terlihat dari performa motor Suzuki khususnya yang ditunggangi Aleix. Yang juga terjadi pada Aprilia sekarang, yakni mulai bersaing dengan Ducati, Yamaha dan Honda. 


1. 5. Sylvain Guintoli

Maverick Vinales di sesi latihan MotoGP Emilia-Romagna 2020.

Sylvain Guintoli memang tidak pernah menjadi pembalap utama bagi tim pabrikan Suzuki di MotoGP. Dia paling mentok hanya sebatas test rider. 

Kendati begitu, dia terbilang sebagai salah satu test rider terbaik dalam beberapa musim terakhir. Bahkan kontribusinya cukup besar atas kemajuan performa Joan Mir dan Alex Rins. 

Baca Juga

Sebenarnya sebagai pembalap utama, Guintoli cukup bagus. Dia pernah menjadi juara dunia Superbike 2014 untuk tim Aprilia. 

4. Maverick Vinales

Selanjutnya adalah Maverick Vinales, yang bisa dibilang menjadi pembalap yang memulai era kebangkitan Suzuki di MotoGP sejak kembali pada 2014. 

Musim debutnya pada 2015 dilalui bersama Suzuki, namun baru bersinar di musim keduanya di MotoGP. 

Baca Juga

Termasuk ketika Ia meraih kemenangan pada GP Inggris 2016, dengan berhasil mengalahkan perlawanan sengit dari Marc Marquez. 

Pada musim tersebut, Vinales juga berhasil empat kali naik podium. Hal tersebut yang membuat Yamaha merekrutnya pada 2017, meski kini pindah ke Aprilia. 

3. Chris Vermeulen

Sebelum Vinales, Suzuki terakhir kali memenangkan balapan terjadi cukup lama, yakni pada GP Prancis 2007 berkat pembalap bernama Chris Vermeulen. 

Baca Juga

Pembalap asal Australia itu direkrut Suzuki pada 2006 setelah menjadi runner-up di kejuaraan Superbike 2005. 

Sejak itu, Vermeulen berhasil mencatat satu kemenangan dan tujuh kali naik podium selama empat musimnya menunggangi motor Suzuki. 


2. 2. Alex Rins

Pembalap MotoGP Suzuki Ecstar, Joan Mir.

Alex Rins bisa dibilang cukup setia bersama Suzuki, karena sejak debutnya di MotoGP 2017, dia tidak pernah hengkang. 

Setelah muncul di 2017, Rins sering disebut sebagai pengganti yang tepat untuk posisi Maverick Vinales yang pindah ke Yamaha. 

Benar saja, bersama Suzuki, Rins berhasil mencatat tiga kemenangan dan naik podium sebanyak 15 kali. Kini, Alex Rins mengikuti jejak Joan Mir yang gabung Honda untuk 2023. 

Baca Juga

1. Joan Mir

Suzuki sudah sangat lama tidak melihat pembalapnya menjuarai kejuaraan MotoGP. Terakhir kali saat tahun 2000 lewat Kenny Roberts Jr, itu pun masih kelas 500cc. 

Akhirnya penantian 20 tahun berakhir, ketika Joan Mir mempersembahkan gelar pertama Suzuki di era MotoGP. 

Konsistensi adalah salah satu kualtias yang dimiliki Joan Mir sehingga dia mampu mengalahkan Fabio Quartararo pada 2020 lalu.

MotoGPAleix EspargaroSuzukiMaverick VinalesAlex RinsJoan MirMotoGP 2023

Berita Terkini