x

Teken Kontrak Bareng Formula 1, Tottenham Hotspur Rombak Stadion Mahalnya jadi Trek Balapan!

Jumat, 3 Maret 2023 13:11 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Klub Liga Inggris (Premier League), Tottenham Hotspur, membuat gebarakan baru dengan menjalin kerja sama dengan Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Tottenham Hotspur, membuat gebarakan baru dengan menjalin kerja sama dengan Formula 1 (F1).

The Spurs menggandeng olahraga motorsport terbesar dunia tersebut untuk membangun sebuah lintasan karting di stadion mereka yang megah dan baru, Tottenham Hotspur Stadium.

Tidak tanggung-tanggung, Tottenhan dan F1 siap berkomitmen selama 15 tahun dalam proyek yang mulai disepakati per 28 Februari 2023 itu.

Ada banyak misi mulia yang kedua belah pihak usung. Salah satunya adalah memfasilitasi pengembangan bibit pembalap untuk komunitas lokal.

Karting memang olahraga yang identik menjadi batu loncatan bagi seorang driver untuk menuju F1. Sebagian besar pembalap jet darat dulunya membangun karier dari mengemudikan go-kart.

Baca Juga

Sebut saja Michael Schumacher, Sebastian Vettel, Ayrton Senna, Lewis Hamilton, hingga Fernando Alonso yang semuanya pernah menjadi juara dunia F1.

Meski proyek tersebut bertema motorsport, namun Tottenham dan F1 tetap ingin menunjukkan mereka tetap peduli pada lingkungan.

Baca Juga

Nantinya lintasan karting yang dibangun akan menggunakan tekhnologi minim emisi. Secara bertahap bahkan fasilitasnya akan terus ditingkatkan sehingga mencapai status 'hijau' sepenuhnya.

Bagi Formula 1, menggandeng Tottenham Hotspur akan punya keuntungan lain selain mengembangkan balapan akar rumput.

Mereka berkesempatan untuk melebarkan sayap lebih luas dan menjaring perhatian dari audiens yang sebelumnya sulit untuk mereka jangkau. Praktis olahraga mereka akan semakin besar dan terkenal.

Baca Juga

1. Untungkan Semua Pihak

Balapan F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

"Olahraga kami semakin berkembang dan bekerja sama dengan brand populer seperti Tottenham Hotspur akan membuat Formula 1 dan motorsport semakin bisa menjaring audiens," beber Stefano Domenicali selaku presiden dan CEO F1.

"Karting akan menjadi magnet bagi keluarga dan para calon pembalap dari seluruh dunia. Ini bisa menjadi gerbang pengenalan yang bagus ke motorsport,"

"Kedua belah pihak ingin membuat sesuatu yang bisa memberikan kesempatan baru. Termasuk akademi F1," tambahnya.

"Sejak membangun stadion baru, kami selalu ingin mendobrak batas-batas demi menghantarkan pengalaman kelas dunia yang bisa menarik minat banyak orang," ujar direktur Tottenham, Daniel Levy.

"Sudah banyak pelaku olahraga tenar yang bisa kami bawa ke London. Kami sangat menantikan sukses dari kerja sama ini," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

Tottenham Hotspur Stadium sejak diresmikan pada 2019 memang banyak sekali menyedot perhatian. Dari kapasitasnya yang terbilang besar karena dapat menampung 62.000 penonton sampai fasilitas modern yang ditanamkan di sana.

Stadion yang sering dipanggil sebagai The New White Hart Lane tersebut oleh suporter The Lilywhites itu memang tidak hanya dibangun untuk menunjang aktivitas sepakbola saja namun juga olahraga lain.

Baca Juga

Rumputnya sudah pernah menjadi saksi gelaran pertandingan rugby, futbol, tinju, dan juga konser-konser musik. Tidak heran jika Tottenham tertarik dengan kontrak bersama F1.

Diharapkan untuk 15 tahun ke depan baik Formula 1 maupun Tottenham Hotspur bisa semakin besar yang tentunya bakal semakin membuat 'kantong' keduanya membengkak.

Baca Juga

Sumber: Sky Sports

F1Tottenham HotspurFormula 1Stefano DomenicaliLiga InggrisDaniel Levy

Berita Terkini