x

Wacana Formula E Jakarta 2023 Digelar di Kawasan SCBD, Tak Lagi di Sirkuit Ancol?

Kamis, 16 Maret 2023 22:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Baru-baru ini muncul wacana kejuaraan balap dunia Formula E Jakarta 2023 bakal digelar di Kawasan Sudirman Central Business District alias SCBD.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini muncul wacana kejuaraan balap dunia Formula E Jakarta 2023 bakal digelar di Kawasan Sudirman Central Business District alias SCBD.

Rencana tersebut sebelumnya diungkapkan oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Komite Pengarah (Steering Committee) Formula E Jakarta.

Formula E Operation ata FEO selaku penyelenggara tengah mengincar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat sebagai sirkuit balap dalam rangka menyambut Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023.

Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan kemungkinan besar kejuaraan balap ramah lingkungan itu digelar di Kawasan jalan Jendral Sudirman yang dikenal sebagai pusat bisnis atau SCBD.

"Kemungkinan besar  di sekitar kawasan jalan Jenderal Sudirman,” kata Bamsoet, dilansir dari Antara.

Baca Juga

“Memanfaatkan perbaikan jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyukseskan berbagai perhelatan Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023," jelasnya.

Bamsoet yang juga Ketum IMI mengutarakan keinginan FEO menggunakan sirkuit jalan raya setelah kontrak penggunaan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara habis pada Formula E Jakarta 2023, saat audiensi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca Juga

Bamsoet juga menambahkan bahwa Indonesia memiliki kontrak penyelenggaraan Formula E hingga tahun 2024.

Lebih lanjut itu menyebut bahwa konsistensi penyelenggaraan Formula E sangat penting untuk menguatkan posisi Indonesia di G20.

Selain itu, Bamsoet mengatakan bahwa Formula E Jakarta 2024 tahun depan akan memakai sirkuit berkarakter jalan raya (street circuit).

Baca Juga

1. Formula E Jakarta Gunakan Skema Bisnis dan 2023 Tetap di Ancol

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Dalam keterangannya, Bamsoet melaporkan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta bahwa untuk seri Formula E Jakarta 2024, penyelenggara Formula E ingin kembali memakai sirkuit berkarakter jalan raya (street circuit) di Jakarta.

Ia menilai, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merespons positif rencana tersebut.

Namun Bamsoet bersama Chief Championship Officer sekaligus Co-Founder Formula E Operation (FEO) Alberto Longo memastikan penyelenggaraan Jakarta e-Prix 2023 tidak boleh menggunakan dana dari APBD DKI Jakarta.

Melainkan hanya memakai skema pendanaan bisnis (B2B) melibatkan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) dengan Formula E.

Sebagai bentuk dukungan, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menolak undangan gratis menonton Formula E Jakarta.

Baca Juga

Heru berencana membeli tiket nonton untuk bisa datang langsung ke Jakarta e-Prix International Circuit (JIEC) Ancol guna menyaksikan kemeriahan Jakarta e-Prix 2023 pada 3-4 Juni mendatang.

Adapun penyelenggaraan Jakarta e-Prix tahun 2023 berlangsung dua seri yakni pada 3 dan 4 Juni 2023 masih dilaksanakan di JIEC Ancol.

Baca Juga

Bamsoet mengklaim persiapan sirkuit saat ini sudah hampir 100 persen. FEO juga sudah datang dan memastikan JIEC Ancol layak untuk digunakan.

Bamsoet berharap Jakarta tidak hanya menjadi tuan rumah ajang balap internasional ini saja, melainkan turut berkontribusi memberikan efek berlipat (multiplier effect) bagi perekonomian di Indonesia, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pelaku UMKM.

Dengan dukungan HIPMI dan Jakpro yang juga akan menggerakkan berbagai kalangan UMKM untuk menjual berbagai produknya di sekitar JIEC Ancol, dan bekerja sama dengan kalangan UMKM untuk memproduksi pernak-pernik berkaitan dengan Formula E.

Baca Juga
Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini