Ingin Memanah seperti Pak Jokowi? Alat-alat Ini Wajib Anda Miliki

Sabtu, 28 Januari 2017 17:49 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Galih Prasetyo
© scotland.co.uk
Target pada olahraga panahan. Copyright: © scotland.co.uk
Target pada olahraga panahan.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengikuti Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka. Ia mengatakan keikutsertaannya dalam Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 bukan tanpa alasan. Selain penyaluran hobinya, juga bentuk perhatian terhadap olahraga panahan yang kurang mendapat sorotan. 

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia tersebut langsung menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Bukan hanya itu, saat ini semakin banyak pula masyarakat yang ingin sekadar mencoba atau bahkan sudah tertarik dengan olahraga panahan.


Aksi Presiden RI, Joko Widodo (jaket hitam) di Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka beberapa waktu lalu.

Namun, banyak yang masih bingung bagaimana mendapatkan busur yang bagus dan modern. Hal ini dikarenakan toko penjual aksesoris panahan di Indonesia tidak seramai toko aksesori sepakbola ataupun basket. 

Di antara banyak busur panah yang ada, tidak ada salahnya mencoba menggunakan recurve bow, ini merupakan perkembangan paling baru untuk jenis busur yang ada di dunia. Recurve bow sendiri adalah jenis busur yang paling umum digunakan di olahraga panahan saat ini. 


Animo masyarakat Indonesia di olahraga Panahan

Desainnya terdiri dari tiga bagian utama, yakni riser yang merupakan pegangan dan tempat aksesori lain dipasang, dan sepasang limb yang merupakan sumber energi pegas busur. Sedangkan ciri khas dari busur ini adalah bagian ujungnya yang melengkung ke depan sehingga akan menjauhi si pemanah saat tidak ditarik atau dilepas talinya. 

Konstruksi seperti ini memungkinkan draw weight atau perbedaan berat yang lebih besar untuk panjang busur yang sama. Hal ini pula yang akan memberikan regangan dari limb menjadi lebih besar yang tentunya akan memberikan pegas yang lebih baik.

Bagi Anda yang baru berniat untuk terjun ke olahraga ini, disarankan untuk memulai menyiapkan uang sejak awal karena harga dari alat dan aksesoris ini tidak murah. Sejatinya, waktu terbaik untuk membeli busur pertama Anda adalah ketika lulus dari kursus pemula, pasalnya Anda telah memiliki bentuk dasar dan pelatih dapat memberikan masukan mengenai spesifikasi untuk recurve bow yang sesuai dengan kualifikasi.

Untuk lebih mempermudah Anda, berikut beberapa jenis aksesoris yang diperlukan untuk mendapatkan recurve bow yang telah dirangkum oleh tim INDOSPORT:

190