Indonesia Tambah Wakil Panahan di Olimpiade Tokyo, Ada Atlet Belia 17 Tahun!

Minggu, 20 Juni 2021 17:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Atlet panahan saat pelatnas di Lapangan KONI Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Atlet panahan saat pelatnas di Lapangan KONI Surabaya.

INDOSPORT.COM - Panahan Putra Indonesia akhirnya mengamankan tiket nomor recurve beregu putra di Olimpiade 2020 Tokyo, usai tampil di Final Kualifikasi Panahan 2021 Paris, Minggu (20/06/21) dinihari WIB.

Capaian tersebut didapatkan oleh Riau Ega Agatha Salsabila (29 tahun), bersama atlet junior yakni Arif Dwi Pangestu (17 tahun) dan Alviyanto Bagas Prastyadi (19 tahun).

Tim Recurve Putra mengawali perjalanan di Paris dengan melibas 6-0 atas Bangladesh, menang 5-1 atas Italia, dan membekuk 6-0 Ukraina di semifinal, di Stadion Charlety.

Arif Dwi Pangestu dan kawan-kawan hanya kalah di partai final, saat menghadapi tim peraih medali perak di Olimpiade Rio dan London, yaitu kontingen Amerika Serikat. 

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, secara khusus mengucap selamat untuk Trio Arjuna tersebut, atas prestasinya memberikan tiket tambahan untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

“Selamat untuk Ega, Arif, dan Bagas. Prestasi kalian menjadi kabar menggembirakan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Raja Sapta Oktohari pada Minggu (20/06/21) pagi.

"Dalam situasi Covid-19, atlet-atlet Indonesia membuktikan perjuangan luar biasa. Saat ini jumlah atlet Indonesia yang akan berangkat ke Tokyo sama seperti Olimpiade 2016 Rio de Janeiro (28 orang)," papar Okto lagi.

Secara terpisah, Arif Dwi Pangestu (17), mengaku bersyukur usai mendapatkan tiket nomor beregu Olimpiade Tokyo. Sebelumnya Arif juga meraih medali emas Asian Games 2018, saat itu ia masih berusia 15 tahun.

“Kami sangat senang sekali dengan hasil ini, kami bisa membawa nama tim recurve putra Indonesia ke Olimpiade Tokyo,” ungkap Arif dalam wawancara usai pertandingan.