TEMPO.CO

Asteroid Sebesar Piramid Lewat Dekat Bumi Semalam, Berbahayakah?

Kamis, 25 Juli 2019 07:57 WIB
Penulis: TEMPO.CO | Editor: Yudono Yanuar
Ilustrasi asteroid. express.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah asteroid seukuran Piramida Gaza tadi malam, Kamis, 24 Juli 2019, melintas di dekat Bumi. Tapi batu ruang angkasa ini hanya melintas, tidak mampir.

Meskipun ada kekhawatiran akan jatuhnya asteroid ke Bumi, namun sejauh ini benda angkasa ini biasanya terbakar begitu masuk ke atmosfer, demikian dilaporkan laman Live Science

Ada alasan lain untuk tidak khawatir. Jika Anda mendengar tentang asteroid mendekati Bumi, itu berarti NASA telah melihatnya dan dengan tepat melacak jalurnya di ruang angkasa. Objek dekat-Bumi (NEOs) yang ditemukan telah dilacak oleh NASA.

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet (PDCO) mengawasi mereka dan memperkirakan bertahun-tahun sebelumnya seberapa dekat mereka pada Bumi.

Bahaya nyata (meskipun kecil) berasal dari asteroid ukuran kecil hingga menengah yang terbang di bawah radar NASA dan secara teori mungkin akan muncul dari langit setiap saat - meskipun peristiwa seperti itu sangat, sangat tidak mungkin mengancam hidup kita.

Namun,  astronom Jet Propulsion Laboratory Emily Kramer, seorang ahli NEO, mengatakan kepada Live Science dalam wawancara yang tidak dipublikasikan, bahwa 90% NEO berukuran lebih besar dari 1 kilometer bisa dilacak, namun asteroid dalam ukuran sedang  dengan diameter antara 140 meter dan 400 meter, belum banyak diketahui.

LIVE SCEINCE

TEMPO.CO

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%