Pencak Silat, Awal Duet Yayan Ruhian dan Iko Uwais

Sabtu, 28 Oktober 2017 17:25 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Galih Prasetyo
© Dian Eko Prasetio/INDOSPORT
Pelatih beladiri Pencak Silat dan juga aktor yang pernah bermain film di Star Wars, Yayan Ruhian memperagakan silatnya. Copyright: © Dian Eko Prasetio/INDOSPORT
Pelatih beladiri Pencak Silat dan juga aktor yang pernah bermain film di Star Wars, Yayan Ruhian memperagakan silatnya.

Duet Yayan Ruhian dan Iko Uwais bertarung melawan alien dalam film Beyond Skyline, menandai film ke-5 keduanya beradu akting bersama. Setelah beradu akting dalam film Merantau, Yayan dan Iko menjadi sering dipasangkan di sejumlah film laga, The Raid contohnya.

Film The Raid itulah yang melambungkan nama keduanya. Sejak bermain di film besutan Gareth Evans, sutradara asal Welsh, Yayan dan Iko mendapat berbagai tawaran film laga, baik nasional ataupun internasional.  

Jauh sebelum keduanya dikenal sering berpasangan dalam sejumlah film laga. Yayan mengaku lahir dan besar di rumah yang sama dengan seorang Iko Uwais.

“Jauh sebelum kami (Yayan Ruhian dan Iko Uwais) mengenal dunia entertainment, kami sudah saling kenal dan kami sudah saling bersama dalam acara-acara pencak silat,” cerita Yayan saat Press Conference Film Beyond Skyline di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2017).

© Eronika Dwi Pinara/INDOSPORT
Yayan Ruhian. Copyright: Eronika Dwi Pinara/INDOSPORTYayan Ruhian.

Hal itu yang menjadikan tali kerjasama antar kedua-nya bisa dibangun dengan baik. Telihat dari ke-2nya yang bukan hanya dipasangkan dalam beradu akting, namun juga sering bekerjasama sebagai koreografi action, seperti di film Star Wars dan yang terbaru Beyond Skyline.

© Facebook/Beyond Skyline
Poster Film Beyond Skyline. Copyright: Facebook/Beyond SkylinePoster Film Beyond Skyline.

Diketahui kemampuan akting dan pencak silat Yayan dan Iko telah memukau pecinta film dan seni bela diri dunia. Mengetahui hal itu Yayan bahkan memiliki harapan bahwa seorang Iko Uwais akan mengenalkan Indonesia lewat pencak silatnya, seperti halnya di China yang punya Jackie Chan.

© Internet
Caption Copyright: InternetCaption

“Mudah-muhan kalo China punya Jackie Chan, Indonesia dengan pencak silatnya punya seorang Iko Uwais.

Lalu bagaimana dengan seorang Yayan Ruhian? Ketika salah seorang wartawan menyeletuk dengan menyebut Iko dan Yayan yang akan membawa nama pencak silat. Yayan malah tertawa dan menyangkal.

“Ah tidak, Iko aja Iko, saya mah enggak,” sangkal pemeran Mad Dog dalam film The Raid. 

© Eronika Dwi Pinara/INDOSPORT
Yayan Ruhian. Copyright: Eronika Dwi Pinara/INDOSPORTYayan Ruhian.