Peraih Emas Pencak Silat Tanggapi Tuduhan Indonesia Curang

Kamis, 30 Agustus 2018 16:24 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Gerry Crisandy
© INDOSPORT
Wewey Wita raih medali emas di Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Wewey Wita raih medali emas di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Indonesia berhasil mendominasi podium juara dalam cabang olahraga Pencak Silat di Asian Games 2018. Dari 15 nomor yang ditandingkan, Indonesia berhasil mengantongi 14 medali emas dan satu medali perunggu.

Salah satunya datang dari pesilat putri, Wewey Wita. Wewey meraih medali emas usai mengalahkan pesilat asal Vietnam, Thi Them Tran, di partai final nomor tarung putri kelas B (50-55kg) di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/08/18) sore.

Sebagai perwakilan Indonesia, Wewey ikut memberikan komentar terkait tuduhan kecurangan yang dilayangkan pada tuan rumah. Sebelumnya, Presiden Federasi Pencak Silat Asia, Sheik Alauddin Yacoob, menilai dominasi Indonesia di cabor Pencak Silat dipengaruhi oleh keberpihakan wasit.

"Saya kecewa, sejak hari pertama kecurangan wasit agak terlihat. Kami sudah memberitahu bahwa jangan ada yang berat sebelah, harus konsisten, clear dan transparan," ujar Alauddin pada awak media.

"Tapi di sini saya melihat, tidak hanya dari Singapura, tapi dari negara lain juga, ada yang janggal, banyak."

Bagaimanapun, menurut Wewey, hasil pertandingan tidak mungkin dicurangi karena pertandingan ditampilkan di layar dan terdapat pemutaran ulang video (video replay).