Terungkap! Pencak Silat Sudah Menggema di 2 Negara Eropa Ini

Rabu, 24 Oktober 2018 14:38 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Istimewa
Perguruan silat Al-Azhar di Amerika Serikat sedang berlatih. Copyright: © Istimewa
Perguruan silat Al-Azhar di Amerika Serikat sedang berlatih.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga sekaligus ilmu bela diri dari Indonesia, pencak silat tampaknya kini sudah mulai meluas ke negara Eropa. Sebelumnya, pencak silat seakan melambungkan namanya melalui ajang Asian Games 2018 dan kini pun berpeluang masuk dalam ranah Olimpiade.

Menariknya lagi, pencak silat yang juga sempat menjadi polemik dengan hak milik dari Malaysia ini sudah mulai digeluti atau dijalankan dengan serius oleh negara maju di Eropa.

Salah satu negara Eropa yang serius dalam upaya pengembangan pencak silat adalah Belanda. Mendengar kabar baik ini, Menpora Imam Nahrawi langsung menyambangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag pada hari ini, Rabu (24/10/18).

Momentum kunjungannya ini dibagikan dalam akun Instagram pribadinya, @nahrawi_imam.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

24.10.2018 . Saya sudah dengar kabarnya sejak lama tapi semalam melihat langsung semangat dan perkembangan luar biasa pencak silat di Belanda. Melihatnya saya terharu sekaligus jadi lebih semangat dalam memperjuangkan pencak silat agar bisa mendunia sampai kemudian bisa dipertandingkan di Olimpiade. . Prosesnya memang tak mudah karena harus melalui tahapan panjang. Usaha demi usaha ini akan jadi milestone untuk itu. Belanda akan jadi hub untuk pengenalan pencak silat di Eropa. . Di pertemuan tadi juga ada mbak @arumdara peraih medali emas #asiangames2018 yang memperagakan keindahan dari jurus-jurus silat, memperagakan keindahan budaya Indonesia . Semua hal tersebut tak cuma sekadar untuk prestasi semata. Mengenalkan pencak silat juga berarti mengenalkan budaya Indonesia. Negara akan terus hadir berjuang melakukannya lewat banyak cara dan nanti mungkin mengundang mereka semua ke padepokan pencak silat di Indonesia. Ayo kita semua sama-sama berjuang. Karena Pencak silat memang harus mendunia -IN . #PencakSilatRoadToOlympic #PencakSilat #Olimpiade2032

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on

“Saya sudah dengar kabarnya sejak lama, tapi semalam melihat langsung semangat dan perkembangan luar biasa pencak silat di Belanda.”

“Melihatnya saya terharu sekaligus jadi lebih semangat dalam memperjuangkan pencak silat agar bisa mendunia sampai kemudian bisa dipertandingkan di Olimpiade,” tulis Imam Nahrawi dalam caption postingannya.

Tak hanya Belanda, sebelumnya Menpora juga tengah melebarkan kiprah pencak silat hingga ke Prancis. Pada lawatan Menpora ke KBRI di Paris, Selasa (23/10/18) kemarin, Imam Nahrawi turut berdiskusi untuk mengembangkan pencak silat di negara tersebut.

“Berbincang bersama KBRI di Paris, Perancis tentang pencak silat yang sedang diajukan sebagai warisan kebudayaan dunia asal Indonesia. Juga soal pengembangan federasi silat di negara ini,” ungkap Imam.

Pencak silat sendiri sebelumnya telah menjadi cabang olahraga eksibisi di Asian Games 2018. Indonesia sukses meraih 14 emas dari 16 nomor yang dipertandingkan. Untuk itu, Indonesia kembali mengajukan pencak silat sebagai olahraga eksibisi di Olimpiade Tokyo 2020.

Ikuti terus berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Martinia Gibsian

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%