Sosok Penting Prabowo dalam Olahraga Indonesia Pencak Silat

Minggu, 31 Maret 2019 10:33 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images
Prabowo dalam Debat Capres 2019 Copyright: © Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images
Prabowo dalam Debat Capres 2019

INDOSPORT.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas olahraga bela diri, Pencak Silat, berhasil mencuri perhatian luas. Khususnya pada gelaran Asian Games 2018 lalu, ketika Indonesia, selaku tuan rumah, sukses menyapu bersih seluruh medali.

Tentu saja kesuksesan kontigen Pencak Silat Indonesia di Asian Games 2018, menuai banyak pujian. Terlebih, saat kita mengingat Pencak Silat merupakan bela diri asli Indonesia.

Nyatanya, dibalik semua itu terdapat sosok besar yang memiliki peranan penting dari semua kesuksesan ini. Ya, orang itu tak lain adalah Prabowo Subianto.

Tercatat ia sudah tiga kali terpilih menjadi Ketua Umum dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Mulai dari tahun 2004 hingga 2012 silam.

Selain menjadi Ketua Umum IPSI, Prabowo juga diketahui mengemban jabatan penting sebagai Presiden dari organisasi bernama Persilat, Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa, organisasi internasional untuk Pencak Silat.

Kala itu pada tahun 2010, Prabowo ditunjuk untuk menjadi Presiden Persilat. Dalam pidato ketika ditunjuk, Prabowo mengatakan ingin berjuang lebih keras lagi untuk bisa mengenalkan Pencak Silat ke seantero dunia.

"Saya akan melaksanakan amanah dari 40 negara anggota Persilat untuk memajukan olahraga bela diri Pencak Silat mencapai pentas dunia," ujar Prabowo dilansir Kompas.

Dengan jabatannya sebagai Ketua Umum IPSI dan Presiden Persilat, Prabowo pun berhasil membawa Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 lalu ke Indonesia.

Tepatnya, pada bulan Desember 2016, ajang bergengsi Pencak Silat dunia ini berhasil terselenggara di tanah air berkat dukungan Prabowo.

Jauh sebelum itu semua, Prabowo nyatanya sudah memberikan prestasi-prestasi yang tak kalah mentereng dalam dunia Pencak Silat. Diketahui pada gelaran SEA Games 2011, kontingen Indonesia berhasil merebut 16 medali pada ajang tersebut.

Selang dua tahun kemudian, lagi-lagi kontingen Pencak Silat Indonesia mengulangi kesuksesaannya tersebut dengan perolehan 11 medali, 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Terus Ikuti Update Pencak Silat Lainnya Hanya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%