Kian Mendunia! Silat Kini 'Menjajah' Negara Asal Mohamed Salah

Kamis, 23 Mei 2019 16:07 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kemenpora
Pencak Silat menjadi ilmu beladiri bagi para wanita dan anak-anak di negara Mesir. Copyright: © Kemenpora
Pencak Silat menjadi ilmu beladiri bagi para wanita dan anak-anak di negara Mesir.

INDOSPORT.COM - Indonesia patut berbangga karena ilmu beladiri pencak silat sudah dikenal kalangan dunia, terutama di negara asal Mohamed Salah, Mesir.

Negara Mesir merupakan salah satu tempat yang rawan tindakan kekerasan terutama pada kaum wanita, sehingga untuk mengatasinya dibuatlah sekolah pencak silat bagi kaum wanita.

Akun resmi Al Jazeera English @AJEnglish mengunggah video yang menampilkan para wanita dan anak-anak belajar pencak silat bersama instruktur mahasiswa asli Indonesia.

"Kaum muslim terutama wanita selalu tertindas sehingga untuk melawan perlu teknik beladiri," ujar Othman Shehab, Penanggung Jawab Budaya Duta Indonesia di Mesir.

Salah satu siswa yang kerap terkena bullying menyatakan dirinya menjadi lebih percaya diri dengan tindak kekerasan usai mempelajari Ilmu pencak silat.

"Tentu saja, terkadang ada masalah di jalan, jika ada yang berniat buruk saya bisa membela diri. Sekarang saya sudah percaya diri dan tidak ada yang bisa mengancam saya lagi," ujar seorang siswa bernama Rahma Hatem.

Dengan diajarkannya pencak silat di negara Mesir, Othman berharap seluruh siswa bisa melindungi diri mereka sendiri dari berbagai tindak kekerasan di kota Kairo.

Antusiasme masyarakat terhadap pencak silat cukup tinggi di kota Kairo terbukti dari jumlah 1.200 orang wanita dan anak-anak yang ikut berlatih di sekolah ini.

Ikuti Berita Pencak Silat dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM