SEA Games 2021: Pencak Silat Diharapkan Jadi Penyumbang Medali Perdana bagi Indonesia

Sabtu, 7 Mei 2022 18:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sesa Hidayat Putra/INDOSPORT
Cabang olahraga pencak silat diharapkan bisa menjadi penyumbang medali perdana bagi Indonesia di SEA Games 2021. Copyright: © Sesa Hidayat Putra/INDOSPORT
Cabang olahraga pencak silat diharapkan bisa menjadi penyumbang medali perdana bagi Indonesia di SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM – Cabang olahraga pencak silat diharapkan bisa menjadi penyumbang medali perdana bagi Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam, Ferry J Kono, Sabtu (07/06/22).

Sebagai bela diri tradisional asal Indonesia, pencak silat tentunya diharapkan bisa mengharumkan Merah Putih pada multi-event dua tahunan paling bergengsi di ASEAN.

Oleh karena itu, Ferry J Kono menaruh asa kepada 21 atlet pencak silat dan 10 official yang berangkat ke Hanoi, Vietam, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu dini hari WIB.

“Kami berharap emas pertama bagi Indonesia di SEA Games Vietnam bisa dipersembahkan oleh atlet-atlet pencak silat,” kata Ferry, dinukil dari rilis resmi yang diterima INDOSPORT.

Asa yang diutarakan Ferry bukan tanpa alasan. Sebab, olahraga pencak silat selalu menorehkan prestasi di ajang multi-event internasional.

Bahkan, pada SEA Games edisi terakhir di Filipina 2019 lalu, pencak silat tampil sebagai juara umum dengan membawa pulang 2 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Sementara, di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, pencak silat mampu mendulang 14 emas dan 1 perunggu.

”Kami berharap prestasi yang sudah ditorehkan pencak silat dapat terulang lagi di SEA Games Vietnam),” ujar Ferry.

Para atlet pencak silat akan memulai perjuangan mereka di SEA Games 2021 pada 10 Mei di Bac Tu Liem Sporting Hall, Hanoi.

Pada hari yang sama, nomor seni regu putra, regu putri, dan ganda putra langsung berjibaku dalam perebutan medali.