Oase

Disiarkan Langsung di TV, Pernikahan Rizky Billar-Lesty Kejora Dikritik

Senin, 16 Agustus 2021 18:45 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesty Kejora, berencana menikah pada Kamis (19/8/21). Rangkaian acara resepsinya bahkan sudah mulai digelar sejak Sabtu (14/8/21) kemarin. 

Menjelang pernikahan, Rizky Billar dan Lesty Kejora berencana menggelar empat acara yang akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi swasta. 

Empat acara tersebut antara lain, pengajian, malam banai, Balacuik Malapeh Bujang, dan lainnya. Balacuik Malapeh Bujang merupakan acara pelepasan seorang anak laki-laki yang akan menikah.

Rizky Billar dan Lesty Kejora berharap semua rangkaian acara berjalan lancar. Namun, rencana yang sudah mantab tersebut rupanya mengundang kritik dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat

Ketua KPID Jabar, Adiyana Slamet, menyatakan pihaknya menilai rencana siaran langsung rangkaian acara pernikahan berpotensi melanggar pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran (P3SPS). 

Adiyana melihat ada dua pasal yang penting dicermati mengingat tentang adanya rencana pernikahan yang disiarkan secara live. 

Pertama, ada pasal 11 ayat 1 standar program siaran menyatakan siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik bukan kepentingan kelompok tertentu. 

Kemudian ada pasal 13 ayat 2 standar program siaran menyatakan program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tak boleh menjadi materi yang ditampilkan dan atau disajikan dalam seluruh isi acara, kecuali demi kepentingan publik.

"Tayangan itu terlalu sembrono, menggunakan frekuensi publik hampir tujuh jam lamanya bukan untuk kepentingan publik," ujar Adiyana dalam konferensi pers virtual, belum lama ini. 

Lebih dari itu, rencana pernikahan live Lesty Kejora dan Rizky Billar rupanya juga diprotes warganet hingga heboh di media sosial. Mereka mempertanyakan seberapa penting pernikahan tersebut untuk masyarakat. 

Baca berita asli di AkuratCo