Oase

Ini Pesan Presiden Jokowi di Perayaan HUT Republik Indonesia ke-76

Selasa, 17 Agustus 2021 10:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPOORT.COM – Presiden Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi menyampaikan pesan penting saat peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Adapun Presiden Jokwoi menyampaikan pesan agar rakyat Indonesia mesti tangguh dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.

"INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong-royong dalam satu tujuan. Tangguh dalam menghadapi pandemi, tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," tulis Jokowi di laman Intagram-nya @jokowi, Selasa (17/8/2021).

Jokowi berharap bangsa ini terus tumbuh dengan berdoa kehadirat Yang Maha Kuasa dalam meraih Indonesia Maju.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya Bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan," kata Jokowi.

"Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!" pungkasnya.

Sebagaimama diketahui, HUT Republik Indonesia tahun ini digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

Adapun Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak mendasar sehingga harus dijamin dan dijaga. 

"Kemerdekaan adalah hak mendasar bagi setiap manusia. Kemerdekaan harus dijamin dalam hidup kemasyarakatan, terutama dalam hidup berbangsa dan bernegara," kata Menag Yaqut, sebagaimana dikutip AKURAT.CO dari keterangan resmi Kemenag, Selasa (17/8/2021), di Jakarta.

Menurut Yaqut, kemerdekaan harus ditopang dengan perasaan senasib sepenanggungan dan persamaan hak. Suasana pandemi ini menjadi momentum untuk lebih mengeratkan persaudaraan, merawat kerukunan, dan saling berjabat erat mencari titik temu persamaan dalam membangun bangsa. Peran tokoh agama sangat penting dalam menjaga persatuan, kesatuan, dan kohesi umat. 

"Negeri ini semakin dewasa, bergerak maju untuk menjadi bangsa yang terus tumbuh dan semakin tangguh. Pandemi yang saat ini mendera, mengajarkan kita tentang pentingnya perasaan senasib dan persamaan hak, serta penguatan solidaritas dan gotong royong dalam mengatasinya,” katanya. 

Dia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama bahu-membahu memberikan kontribusi terbaiknya dalam penanganan pandemi, termasuk dengan menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M. Menag mengajak pula masyarakat untuk terus berdoa supaya pandemi segera tertangani. 

"Selamat Hari Ulang Tahun ke-76, Kemerdekaan Republik Indonesia. Allahu Akbar. Merdeka!" tandasnya.

Baca Berita Asli di AkuratCo

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.