Oase

HUT Ke-76 RI, Luhut Janji Segera Susun Roadmap Aktivitas Normal Kala Pandemi

Rabu, 18 Agustus 2021 02:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dalam momen HUT Ke-76 Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan rencana roadmap untuk mejalani masa normal ke depan.

"Mereka yang berjuang garda terdepan saya dari lubuk hati terdalam, saya sampaikan penghormatan setinggi-tingginya untuk para tenaga kesehatan yang sumbangkan guna keberlangsungan hidup banyak orang," kata Luhut lewat akun instagram resminya @luhut.pandjaitan, Selasa (17/8/2021).

Luhut mengatakan dokter, tenaga kesehatan serta relawan saat ini merupakan garda terdepan Indonesia menghadapi pandemi. Untuk itu ia meminta masyarakat bisa sabar dan berupaya juga untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

"Untuk itulah saya ingin mengajak segenap komponen anak bangsa untuk menjadikan momentum pandemi ini untuk memunculkan semangat ketangguhan kita sebagai bangsa yang besar," ucapnya.

Luhut mengaku sedang merancang peta jalan (roadmap) sebagai upaya agar masyarakat bisa menjalani aktivitas normal meski di tengah situasi pandemi.

"Saya sampaikan bahwa kita telah menyusun roadmap pengendalian pandemi Covid-19 secara holistik. Dengan prinsip bertahap, bertingkat, dan berlanjut," kata dia.

Namun demikian, Luhut menegaskan roadmap bakal berjalan jika ada dukungan dan bantuan dari masyarakat untuk terus disiplin, menerapkan protokol kesehatan 3M, dan melaksanakan vaksinasi agar bersama-sama menangani Covid-19 serta memulihkan perekonomian nasional.

Seperti diketahui, PPKM Level 4 resmi diperpanjang hingga seminggu ke depan. Aturan mulai berlaku esok hari, Selasa (17/8/2021) hingga Selasa (23/8/2021).

Keputusan perpanjangan itu merupakan hasil konsultasi dan mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Koordinator PPKM Level 4 Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Senin (16/8/2021) malam.

"Berdasarkan arahan dan petunjuk Presiden, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 akan diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus 2021," kata Luhut yang juga Menko Kemaritiman dan Investasi itu.

Perpanjangan PPKM level 4 Jawa-Bali tercatat sudah lima kali dilakukan pemerintah.

Perpanjangan pertama dilakukan sejak 20-25 Juli 2021 yang juga perubahan nomenklatur dari PPKM darurat menjadi PPKM level 1-4.

Perpanjangan PPKM level 4 untuk Jawa-Bali yang kedua dimulai 26 Juli-2 Agustus 2021. Kemudian, perpanjangan PPKM level 4 yang ketiga berlaku mulai 3-9 Agustus 2021 hingga yang terakhir pada 10-16 Agustus 2021