Oase

Keren, Indonesia Masuk Peringkat ke-7 Dunia Penyuntikan Vaksin Covid-19

Jumat, 27 Agustus 2021 13:04 WIB
Editor: Isman Fadil
© Dewa United
Dewa United Surabaya telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dengan lancar pada 4-5 Agustus 2021. Copyright: © Dewa United
Dewa United Surabaya telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dengan lancar pada 4-5 Agustus 2021.

INDOSPORT.COM - Indonesia menjadi salah satu negara yang gencar dalam penyuntikan vaksin Covid-19. Hasil yang menggembirakan ini juga terlihat setelah Tanah Air naik menempati peringkat tujuh penyuntikan vaksin Covid-19 terbanyak di dunia.

Menurut dr. Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Indonesia menempati peringkat keenam terkait jumlah peserta vaksinasi Covid-19.

"Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dalam hal jumlah orang yang telah divaksin dan posisi ketujuh dunia dalam hal jumlah dosis vaksinasi," kata Siti Nadia dalam agenda konferensi pers secara virtual yang dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, seperti dikutip dari Akurat.co.

Tak hanya itu, Siti Nadia juga mengungkapkan bahwa Indonesia hingga 24 Agustus  telah menerima vaksin sebanyak lebih dari 57.78 Juta penduduk dosis pertama dan dosis kedua. Dengan jumlah dosis yang telah disuntikan sebesar 91.1 juta dosis.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga menyampaikan perihal peringkat vaksinasi Indonesia pada Senin (23/08/21). Dia mengungkapkan jika Indonesia masuk dalam peringkat sembilan terbanyak di dunia dalam laju penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua.

"Per hari ini Indonesia sudah menyuntikkan 90 juta dosis. Kita masuk di ranking nomor sembilan dunia untuk jumlah penyuntikan," kata Budi dalam agenda konferensi pers yang juga dilakukan secara virtual dan dipancarluaskan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu Budi juga mengatakan indonesia juga masuk dalam peringkat keenam dunia untuk jumlah peserta vaksinasi Covid-19, sebanyak 58 juta orang.

Terdapat beberapa negara yang juga telah menduduki lima peringkat di atas Indonesia Yakni Cina di posisi pertama, disusul India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.

Siti Nadia juga menambahkan pernyataannya jika jumlah baksin Covid-19 telah diamankan oleh pemerintah untuk pelaksanaan program vaksinasi nasional adalah sebanyak 130 juta dosis.

Total dosis tersebut pun sudah didistribusikan sebanyak 116 juta dosis ke seluruh daerah di Indonesia, dan sebanyak 8,1 juta dosis dalam tahap pengiriman ke pemerintah daerah dan terdapat 5,8 juta dosis yang merupakan stok akan dikemas ulang dan akan segera didistribusikan.

"Sejak pertama kali vaksinasi dilakukan di 13 Januari tahun ini kita telah mencapai 50 juta orang di bulan Juni atau dalam waktu kurun waktu 26 minggu. Kita menargetkan di akhir Agustus akan memvaksinasi 100 juta orang lebih, artinya kita bisa mencapai 50 juta kedua hanya kurang lebih 7 minggu sejak 50 juta vaksinasi pertama," ujar dr. Siti Nadia

Penulis: Indira Octavia Pancawangi  

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer: Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.