Oase

PPKM Diperpanjang 2 Pekan, Ini Pesan Penting dari Presiden Jokowi

Senin, 20 September 2021 18:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemerintah Indonesia memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali selama dua pekan.

Kebijakan ini berlaku mulai dari 21 September hingga 4 Oktober 2021. Selain itu,kabar baiknya, tidak ada lagi daerah di Jawa-Bali yang masuk level 4, sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Meski begitu, Luhut menyampaikan pesan dan wanti-wanti dari Presiden Jokowi, bahwa masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi peningkatan kasus. Jangan sampai lalai.

"Saat ini tidak ada kabupaten/kota di level 4 Jawa-Bali. Capaian itu harus kita syukuri, tapi Presiden ingatkan kita agar tetap waspada dan hati-hati,

“Karena banyak negara kemudian naik lagi dengan cepat. Ini harus diwaspadai, risiko kasus tinggi," jelas Luhut lewat virtual press conference.

Sebagai informasi, sebelumnya pemerintah memutuskan kembali PPKM di Jawa-Bali, yang berlaku sampai dengan hari ini, 20 September 2021. Hal ini disampaikan Luhut pada tanggal 13 September lalu.

Dengan demikian, PPKM kini pun dilanjutkan sesuai keputusan yang sudah diumumkan hari ini. Akan tetapi, sampai kapan kebijakan ini diberlakukan?

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang, sampai kapan PPKM Jawa-Bali diberlakukan? Pemerintah tegaskan akan terus memberlakukan PPKM level ini di seluruh Jawa-Bali.

“Melakukan evaluasi tiap minggu, sehingga menekan angka konfirmasi dan tidak mengulang kejadian sama di kemudian hari," ujar Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali.

Ia pun turut menerangkan, apabila kebijakan PPKM ini dihentikan, dikhawatirkan akan terjadi lagi gelombang kasus Covid-19 yang meningkat, seperti yang dialami beberapa negara di dunia.

Baca berita asli di Akurat.co