Oase

Heboh, Adik Megawati Soekarnoputri Pindah Agama dan Jalani Upacara Hindu

Sabtu, 23 Oktober 2021 14:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Beredar luas kabar salah satu putri proklamator RI, Bung Karno, sekaligus adik kandung Megawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, berpindah keyakinan.

Informasi ini diketahui via sebuah selebaran digital yang berseliweran di dunia maya. Tertulis putri Sukmawati memohon doa restu karena akan menjalani Sudhi Wadani di kawasan Sukarno Center Heritage, Bale Agung Singaraja, Bali, pada Selasa (26/10/21).

Diketahui, Sudhi Wadani merupakan upacara untuk meresmikan kepindahan ke agama hindu. Semacam pembacaan kalimat syahadat ketika seseorang memeluk agama Islam.

Sukmawati akan menggelar Sudhi Wadani pada 26 Oktober 2021 bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-70. Seluruh persiapan upacara disebutkan telah rampung.

"Nanti dipimpin oleh pendeta-pendeta Hindu. Upacaranya sederhana dengan prokes dan undangan terbatas," kata Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna, kepada wartawan, Jumat (22/10/21).

Selain anak-anak Sukmawati, di antara pihak yang diundang menghadiri upacara adalah adik dan kakak Sukmawati. Lokasi upacara Sudhi Wadani disebut merupakan tempat ibunda Bung Karno atau nenek Sukmawati, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

Disebutkan bahwa Sukmawati telah minta restu kepada seluruh keluarga Sukarno, termasuk kepada Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur, dan Muhammad Guruh Irianto.

Juga kepada tiga anaknya, yaitu Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati, dan Muhammad Putra Perwira Utamamerestui juga memberi izin.

Sepengetahuan Arya, Sukmawati beralasan kembali memeluk agama Hindu lantaran sejak lama dekat dengan kultur Hindu. Apabila ke Bali, dia selalu minta diagendakan ke pura bertemu dengan pendeta Hindu.

Baca Artikel Asli di Akurat.co