Oase

Mahfud MD Jawab Keresahan soal Keamanan PON dan Peparnas Papua

Sabtu, 13 November 2021 18:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mahfud MD menyinggung ramainya pembicaraan soal situasi keamanan di Papua yang tahun ini menyelenggarakan PON XX dan Peparnas.

Menurutnya, kekhawatiran tentang kondisi di Papua tersebut disebabkan oleh adanya provokasi. Ia pun yakin, bahwa pada dasarnya kejahatan maupun kekerasan itu bisa terjadi di mana saja, dan pastinya kapan saja.

"Ada orang mengatakan, Papua itu disana banyak dar der dor, semacam aksi kekerasan. Saudara, aksi kekerasan itu ada dimana-mana. Bukan hanya di Papua,

“Cuma kadangkala karena banyak provokasi itu kalau di Papua itu jadi berita khusus. Padahal di mana-mana setiap hari kita liat ada di TV dimana-mana kejadian-kejadian yang sama," demikian ujar Mahfud MD dari YouTube Kemenko Polhukam, Sabtu (13/11/21).

Karena alasan itu, Mahfud meminta masyarakat Papua ke depan harus hidup normal. Tidak perlu ada ketakutan dan kekhawatiran.

Terkait dengan status Otonomi Khusus (Otsus) yang hingga kini masih berlaku di Papua, ia juga menyampaikan bahwa kebijakan itu bersifat afirmatif.

"Oleh sebab itu mari kita ke depan hidup normal sebagai satu bangsa seperti daerah-daerah lain. Bahwa di Papua ada Otsus dan sebagainya ya itulah namanya afirmasi," ujarnya.

Dia menambahkan, dulu, sebelum PON dan Peparnas diselenggarakan, muncul juga kekhawatiran soal penularan wabah Covid-19 secara masif.

Tetapi, kekhawatiran itu juga tak terbukti. Justru, kata dia, masalah penyakit di Papua dari dahulu hingga saat ini tetap sama, yakni malaria.

"Dulu kita khawatir Covid-19. Ternyata ndak ada. Ndak ada korban Covid-19. Bahwa ada yang terinfeksi itu iya. Tapi sembuh,

“Tertib berisolasi, dan tidak ada korban nyawa,atau korban jiwa karena Covid. Malah disini yang banyak malah penyakit malaria yang terkena. Penyakit-penyakit biasa yang sudah ada," ungkapnya.

Karena itu, Mahfud pun mengucapkan apresiasinya kepada semua pihak yang turut membantu kesuksesan pelaksanaan PON dan Peparnas.

Selain mengucapkan selamat atas terselenggaranya dua hajatan tersebut, Mahfud juga menyebut PON dan Peparnas di Papua merupakan instrumen olahraga yang mengedepankan persatuan bangsa Indonesia.

Baca berita asli di Akurat.co