AkuratCo

Wah, Capaian Vaksinasi Indonesia Ternyata Masuk 5 Besar Dunia

Jumat, 19 November 2021 21:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shutterstock/ By BaLL LunLa
Ilustrasi vaksinasi. Copyright: © Shutterstock/ By BaLL LunLa
Ilustrasi vaksinasi.

INDOSPORT.COM - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan realisasi dosis vaksinasi Indonesia yang ternyata masuk lima besar dunia.

Sebagai informasi, realisasi dosis vaksinasi di Tanah Air tercatat sebagai salah satu yang tertinggiyaitu peringkat ke-5 dengan 219,48 juta dosis vaksin, per 17 November 2021.

“Capaian ini hanya lebih rendah dari China, India, Amerika Serikat, dan Brasil,” demikian kata Kepala BKF Febrio Kacaribu di Jakarta, Jumat (19/11/21).

Secara rinci, untuk dosis pertama telah terealisasi sebanyak 132,01 juta dosis atau 48,86 persen dari populasi dan 86,28 juta untuk dosis kedua sebanyak 31,93 persen dari populasi.

Dilansir dari Antara, Febrio mengatakan dengan kondisi terkini yaitu kecepatan vaksinasi sekitar 1,5 juta dosis per hari maka pada Maret 2022 vaksinasi dapat menjangkau sebesar 70 persen penduduk Indonesia.

Menurut Febrio, capaian tersebut akan lebih cepat jika vaksinasi dapat terus ditingkatkan dari level saat ini.

Oleh sebab itu, pemerintah akan terus melakukan akselerasi vaksinasi untuk menjangkau target populasi sasaran 208 juta penduduk serta tercapainya transisi yang lebih optimal menuju living with endemic.

Meski demikian, ia menegaskan masyarakat harus tetap disiplin dengan protokol kesehatan 5M terutama menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Kewaspadaan harus terus dijaga mengingat gelombang pertama Covid-19 di Indonesia terjadi pasca libur Nataru,” tegasnya.

Untuk saat ini, pemerintah pun masih terus menggencarkan program vaksinasi. sebagai salah satu ikhtiar menghadapi penyebaran virus corona Covid-19 yang hampir kurang lebih dua tahun mengguncang Tanah Air.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo