AkuratCo

BPBD Jatim Ungkap Situasi Terkini Erupsi Gunung Semeru

Sabtu, 4 Desember 2021 18:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© wikipedia
Erupsi Gunung Semeru masih terus dipantau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. Copyright: © wikipedia
Erupsi Gunung Semeru masih terus dipantau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

INDOSPORT.COM - Erupsi Gunung Semeru masih terus dipantau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

Namun BPBD Jawa Timur sampai saat ini belum menerima laporan adanya korban jiwa, sedangkan untuk dampak erupsinya sendiri masih dalam proses pendataan.

"Korban bencana nihil, sementara dampak meletusnya Semeru masih dalam pendataan," kata Kepala BPBD Jawa Timur Budi Santosa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (04/12/21).

Budi juga menuturkan, bahwa sebelum Gunung Semeru meletus, sempat terjadi peningkatan aktivitas disertai awan panas guguran.

Oleh karenanya, beberapa waktu lalu, pihaknya pun sudah memperingatkan warga untuk menjauhi kaki gunung.

"Kami imbau warga sekitar menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru, khususnya Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang," tutur dia.

Ia menambahkan, agen Bencana Jatim dan TRC PB BPBD Lumajang sedang menuju lokasi untuk melakukan asesmen dan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

"Kami masih terus berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, dan perkembangan akan kami sampaikan selanjutnya," ujar Budi.

Namun demikian, ia terus mengimbau warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman.

Dilaporkan pula bahwa guguran material erupsi Gunung Semeru dan awan panas juga menuju Curah Kobokan, Lumajang.

"Diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ucapnya.

Sebagai informasi, kepanikan luar biasa terjadi pada warga yang tinggal di sekitaran Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya, atap tertinggi di Pulau Jawa itu erupsi.

Warga berhamburan menyelamatkan diri dari paparan material debu yang dimuntahkan dari dasar perut bumi. Ketakutan hebat dialami warga.

Bahkan, langit Lumajang, Jawa Timur gelap gulita tertutup material yang menutup pemandangan sore di Lumajang.

Selain itu, sejumlah video tentang bencana alam erupsi Gunung Semeru pun mulai berseliweran di berbagai macam kanal media sosial, mulai dari Twitter maupun Instagram. 

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo