AkuratCo

Indeks Kebahagiaan Warga Jateng Terus Naik, Ganjar Pranowo Ungkap Resepnya

Senin, 3 Januari 2022 18:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Ganjar Pranowo bahas tips agar warga bahagia, seperti di Jateng. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Ganjar Pranowo bahas tips agar warga bahagia, seperti di Jateng.

INDOSPORT.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu merilis Indeks Kebahagiaan warga Jawa Tengah (Jateng) yang ternyata terus meningkat.

Dalam survei BPS itu, indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Tengah mencapai 71,73 poin, yang mana terus meningkat sejak kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Pada 2014, atau masa awal Ganjar menjabat, indeks kebahagiaan Jateng tercatat 67,81 poin. Kemudian pada 2017 naik menjadi 70,92 poin.

Ganjar sendiri mengungkapkan, meningkatnya indeks kebahagiaan masyarakat itu semua karena masyarakatnya sendiri. Ketika mereka bisa hidup aman, damai dan tentram, otomatis indeks kebahagiaan juga akan naik.

"Itu semua karena masyarakat ya, kalau masyarakat bisa ayem, tentrem begitu, mesti indeks kebahagiaannya akan naik,

“Kalau saya hal yang penting kalau kita komunikasi dengan masyarakat sama-sama saling jaga perasaan saja," demikian kata Ganjar Pranowo dalam keterangannya kepada media, Minggu (2/1/22).

Selain itu, suasana kehidupan masyarakat Jawa Tengah yang saling tolong menolong, lanjut Ganjar, juga memberikan dampak. Rasa saling tolong menolong antarmasyarakat yang tinggi membuat kehidupan semakin nyaman.

"Sehingga kalau ada kesulitan di masyarakat, tetangga kiri dan kanan itu membantu. Itu yang membuat masyarakat merasa nyaman," jelasnya.

Ganjar mengatakan akan terus berusaha meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Tengah. Ia tidak akan melalaikan soal itu, karena menurutnya membangun wilayah tidak cukup dengan membangun material.

"Tidak cukup material saja yang kita bangun, tapi juga spiritualnya. Mudah-mudahan makin banyak orang yang bahagia. Kalau semua bahagia, maka makin enak bergaul, makin nyaman antar sesama dan itu membuat kondusif semuanya," pungkasnya.

Diketahui, BPS melaksanakan survei Indeks Kebahagiaan tahun 2021 pada rentang waktu 1 Juli hingga 27 Agustus. Hasilnya secara Nasional Indeks Kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 70,69 pads 2017 menjadi 71,49 pada 2021.

Untuk skala provinsi indeks kebahagiaan tertinggi ialah Provinsi Maluku Utara, sedangkan terendah Provinsi Banten. Terkhusus Provinsi Jawa Tengah, BPS mencatat angka kebahagiaan mencapai 71,73 poin.

Naiknya indeks kebahagiaan ini tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi Jawa Tengah. Sebab meski secara nasional naik, namun tidak semua provinsi mengalami kenaikan.

Sepuluh provinsi ternyata mengalami penurunan indeks kebahagiaan, yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kalimantan Timur.

Pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2014 melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan setiaptiga tahun sekali.

Pada tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur berdasarkan tiga demensi, yakni berupa kepuasan (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo