AkuratCo

Sandi Prihatin Ada Masyarakat yang Kena Omicron Usai dari Luar Negeri

Rabu, 12 Januari 2022 23:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT/M.Adiyaksa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengimbau masyarakat soal bepergian ke luar negeri karena ada omicron. Copyright: © INDOSPORT/M.Adiyaksa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengimbau masyarakat soal bepergian ke luar negeri karena ada omicron.

INDOSPORT.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberi imbauan kepada masyarakat terkait penyebaran virus corona varian omicron di Tanah Air.

Ia berharap orang-orang bisa menahan hasrat bepergian ke luar negeri jika tidak ada urusan yang benar-benar mendesak.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat kita untuk tidak keluar negeri dahulu," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi,  Rabu (12/1/22).

Sandiaga Uno pun menyampaikan banyak tokoh yang membatalkan perjalanannya ke luar negeri karena perkembangan kasus omicron. Dia pun mengajak masyarakat untuk berwisata di Indonesia saja.

"Tokoh-tokoh seperti Helmi Yahya dan tokoh lain membatalkan kunjungannya ke luar negeri karena merebaknya omicron. Kita memberikan arahan yang jelas, jika tidak ada keperluan mendesak, berwisata di Indonesia saja menjadi prioritas," ucapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tetap melakukan perjalanan ke luar negeri. Padahal, hal itu berpotensi membawa masuk omicron ke dalam negeri.

"Namun, masih ada beberapa saudara-saudara kita yang berwisata di luar negeri dan kembali (ke Tanah Air), dan kami sangat prihatin dengan terpapar virus omicron," tuturnya.

"Kita meningkatkan kewaspadaan terutama di pintu masuk. Ada 14 negara yang warganya dilarang masuk Indonesia. Pemerintah akan menyampaikan posisi terakhir kita hari ini," ucapnya lagi.

Sandiaga pun menyampaikan pariwisata Indonesia kembali terdampak Covid-19 varian baru omicron. Namun, dia memastikan berbagai acara dan kegiatan pariwisata tetap berjalan.

"Kasus omicron akan berdampak kepada pariwisata kita, dan tentunya ini harus kita antisipasi dan mitigasi. Tapi show must go on," ungkapnya.

Sandiaga juga menegaskan Indonesia siap menggelar berbagai kegiatan yang sudah direncanakan sesuai jadwal, seperti misalnya MotoGP di Mandalika.

Meski begitu, ia memastikan segala perhelatan yang ada bakal digelar dengan protokol kesehatan yang ketat demii keamanan dan kenyamanan bersama.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo