Pasukan Sehat

Gemar Bermain Sepak Bola? Berikut Tips Ampuh Mencegah Risiko Cedera

Senin, 24 April 2023 14:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Carl Recine
Pemain Manchester United, Lisandro Martinez saat cedera di laga Liga Europa antara Manchester United vs Sevilla dini hari. (Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Pemain Manchester United, Lisandro Martinez saat cedera di laga Liga Europa antara Manchester United vs Sevilla dini hari. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Jika Anda gemar berolahraga termasuk bermain sepak bola, Anda juga harus siap dengan resiko cedera yang kemungkinan bakal menimpa.

Hal itu lantaran sepak bola menjadi salah satu contact sports yang rawan cedera karena olahraga ini melibatkan kontak fisik yang tinggi antarpemainnya.

Kontak fisik yang keras dapat terjadi hampir setiap saat, ketika pemain menggiring bola, merebut bola dengan kaki atau beradu kepala di udara, sampai ketika menendang bola ke gawang.

Bagi Anda para pemula yang ingin lebih menekuni olahraga sepak bola, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, membagikan sejumlah tips mencegah resiko cedera sebagai berikut:

1. Melakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat

Sama halnya dengan olahraga yang lain, melakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat sebelum berolahraga sepak bola juga membawa pengaruh positif untuk tubuh.

Mempersiapkan tubuh berolahraga dan beradaptasi dengan intensitas permainan adalah cara terbaik untuk mencegah cedera.

Untuk itu disarankan kepada para pesepak bola untuk memelajari pemanasan dan pendinginan yang tepat bisa melalui pelatih khusus atau mencari informasi lewat media sosial.

2. Latihan kekuatan otot dan latihan fleksibilitas

Kurangnya kekuatan dan fleksibilitas otot dapat menjadi faktor penyebab cedera olahraga, karenanya, penting untuk melakukan latihan penguatan otot secara berkala

3. Pemilihan sepatu yang tepat

Sepatu menjadi salah satu faktor penting dalam pencegahan cedera olahraga dan peningkatan performa ketika bermain sepak bola.

Pemilihan sepatu dapat disesuaikan dengan jenis kaki dan kondisi lapangan yang akan digunakan untuk bermain sepak bola.

Tiap lapangan memiliki kebutuhan sepatu yang berbeda, terutama di bagian sol sepatu bola yang terdapat stud atau pul.

4. Melakukan Penanganan Cedera

Jika para pesepakbola sudah terlanjur mengalami cedera, melakukan penanganan cedera olahraga sampai tuntas untuk meminimalisir cedera berulang adalah pencegahan sekunder yang sangat baik.