Malaysia Masih Sembunyikan Lee Chong Wei

Kamis, 23 Oktober 2014 14:53 WIB
Editor: Jhon Purba
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Chong Wei. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Chong Wei.

Langkah Khairy untuk tidak membuka nama Lee Chong Wei berdasarkan alasan takut nama besar dan reputasi Chong Wei akan rusak bila Chong Wei tidak terbukti bersalah. Khairy terkesan menyembunyikan Lee Chong Wei.

"Saya sudah mengeluarkan pernyataan semalam mengenai perkara ini. Tidak ada lagi yang perlu saya tambah hari ini," tegas Khairy Jamaluddin seperti diberitakan media di Malaysia, Kamis (23/10/14).

Sebelum kasus doping yang menghantam bulutangkis Malaysia, dunia olahraga Malaysia sempat tercoreng dengan Tai Cheau Xuen. Xuen dinyatakan positif memakai doping saat menjuarai cabang wushu Asian Games 2014. Sebagai pertanggungjawaban, Kepala Federasi Wushu Malaysia mengundurkan diri, awal bulan ini.

Meski tak menyebut nama, penegasan Khairy mengerucut pada sosok Lee Chong Wei. Chong Wei yang masih menempati urutan teratas pebulutangkis dunia diduga mengongsumsi doping dalam pemilihan random tes doping di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014 di Kopenhagen Denmark.

Meski terkesan melindungi, Menteri Olahraga Khairy Jamaluddin Abu Bakar berjanji dan memastikan tidak akan memberikan toleransi terhadap atlet yang terbukti menggunakan doping.

“Kami nol toleransi untuk atlet yang terlibat doping. Atlet tidak bisa menyalahkan pelatih atau tim medis, tetapi diri mereka sendiri. Kami menanggapi ini serius karena Malaysia duduk di kepengurusan WADA," tegas Khairy Jamaluddin.

Kabar dugaan doping yang dilakukan Chong Wei mendapat respons dari pebulutangkis Indonesia. Sony Dwi Kuncoro menyayangkan bila Chong Wei sampai tersangkut doping.

“Sangat disayangkan, jika benar pemain sekelas Lee Chong Wei terkena kasus doping. Kalau Chong Wei diberi sanksi, dunia bulutangkis akan sepi karena Chong Wei merupakan pemain yang ditunggu-tunggu penampilannya,” kata Sony Dwi Kuncoro.

“Ini kabarnya yang saya dengar belum pasti, apakah ada sabotase atau bagaimana, kita akan melihat. Tapi setiap atlet berpotensi terkena doping.

Tak lupa Sony bercerita soal sosok Chong Wei. Sony yang kini menempat peringkat ke-45 dunia mengakui Chong Wei merupakan pemain yang sangat ramah.

“Dia orangnya baik, santun, tidak sombong dan juga sharing-sharing. Dia menguasai banyak bahasa dan punya banyak teman. Sekali lagi, sangat disayangkan jika Chong Wei tersandung kasus doping,” sesal Sony yang hanya lima kali bisa mengalahkan Lee Chong Wei dari 15 pertemuan keduanya.

2