WTA Finals 2014

Ke Semifinal, Serena Williams Kokohkan Posisi Puncak Dunia

Sabtu, 25 Oktober 2014 08:19 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Serena Williams dipayungi dewi fortuna. Dia berhasil merebut tiket semifinal WTA Finals 2014, tanpa bekerja keras. Itu sebagai imbas laga dramatis Ana Ivanovic dan Maria Sharapova.

Dua petenis itu harus berjuang merebut kemenangan dua set langsung untuk lolos ke babak selanjutnya. Ironisnya, Ivanovic dan Sharapova masing-masing menang tiga set dan secara dramatis keduanya tersingkir.

Sharapova harus menang dua straight set saat melawan Agnieszka Radwanska, untuk melampaui posisi puncak grup yang ditempati Williams.

Kenyataannya, petenis Rusia itu menang dalam kurun tiga jam atas Radwanska dengan skor 7-5, 6-7 (4), 6-2. Justru Radwanska yang lolos ke empat besar, meski hanya mengantongi rekor menang kalah 1-2 pada fase grup.

Petenis putri Polandia itu tertolong oleh kemenangan Caroline Wozniacki. Wakil Denmark itu melibas Petra Kvitova 6-2, 6-3. Malang bagi petenis Rusia itu. Kvitova yang juga bertitel Juara Wimbledon 2014 itu, semestinya lolos kalau mampu menang dalam laga itu.

Sementara itu, Ana Ivanovic harus menang straight set atas Simona Halep, jika ingin menyingkirkan Serena Williams. 

Sebuah hal yang nyaris tak mungkin, ketika Halep unggul 5-2 pada set pertama. Namun, Ivanovic bangkit dan menang dalam empat game beruntun sekaligus merebut kemenangan 7-6 (7).

Ironisnya, Ivanovic gagal menjaga penampilan pada dua set berikutnya dan dia pun menyerah dengan skor kembar 3-6, 3-6 dari Halep.

Dengan demikian, komposisi semifinal WTA Finals 2014 adalah Williams akan meladeni Wozniacki dan Halep menantang Radwanska. Mereka akan saling tarung untuk memperebutkan hadiah uang total 6,5 juta dolar AS atau sekitar Rp114,655 miliar (kurs Rp12.069) pada babak semifinal, Sabtu (25/10/14).