Axiata Cup 2014

Hasil Mengejutkan Indonesia di Axiata Cup 2014

Kamis, 27 November 2014 19:09 WIB
Penulis: Riki Ilham Rafles | Editor: Joko Sedayu
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bellaetrix Manuputty Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bellaetrix Manuputty

Hasil yang ditoreh pebulutangkis Indonesia pada turnamen beregu ini memang sedikit mengejutkan. Pasalnya tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka, yang sebelumnya tidak diunggulkan karena berhadapan dengan pebulutangkis peringkat delapan dunia asal Hongkong, Hu Yun, justru bisa menang.

Asia All-Stars sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Yip Pui Yin asal Hongkong berhasil mengandaskan perlawanan tunggal putri Indonesia Bellaetrix Manuputty.

Setelah itu, pasangan ganda putra Muhammad Ahsan/Markis Kido sempat membuka asa Indonesia setelah berhasil mengalahkan pasangan Manu Attri/Sumeeth Reddy dari India dalam dua set langsung.

Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 setelah duet ganda campuran andalan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sebelumnya diunggulkan justru kalah dari pasangan asal Hongkong lainnya, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah.

Liliyana yang ditemui wartawan usai pertandingan mengakui kegagalan Indonesia meraih kemenangan karena ada beberapa kesalahan yang dilakukannya bersama Tontowi.

"Kita buat beberapa kesalahan. Misalnya saat unggul kita justru tidak terus menyerang, dan juga ada beberapa lainnya," sesal wanita yang akrab dipanggil Butet itu.

Selain itu, Tontowi mengakui kesulitan menjaga ritme permainan dikarenakan ada gangguan dari masalah pencahayaan dan juga angin yang terlalu kencang.

"Iya tadi lapangan warna merah dan lampu warna kuning bikin susah lihat. Angin juga lumayan kencang, jadi susah juga atur feel-nya," tambah dia.