Tan Joe Hok Dianugerahi Lifetime Achievement

Jumat, 10 April 2015 18:13 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Zainal Hasan
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
 Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT

Tan Joe Hok merupakan pebulutangkis Indonesia pada tahun 1960-an, dirinya pernah meraih juara putra pertama dalam All England dan Asian Games. Legenda yang kini sudah berusia 77 tahun ini, mendapat penghargaan Lifetime Achievement dari Inspiro dan Flypower dengan tujuan untuk meningkatkan kembali prestasi dan semangat untuk meraih prestasi kepada atlet-atlet muda.

Hal ini tidak lepas dari merosotnya prestasi bulutangkis Indonesia beberapa tahun ini di sektor putra-putri. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Inspiro dan Flypower atas penghargaan ini dan juga kejuaraan single badminton open championship ini. Saya harap kejuaraan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi atlet Indonesia untuk meraih prestasi dan mengharumkan bangsa," ujar Tan Hok Joe.

Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa persaingan untuk mendapatkan gelar semakin banyak, dirinya pun memberikan saran agar para atlet muda Indonesia dapat bersatu untuk meraih prestasi.

"Persaingan tambah banyak, dulu jaman saya raket masih terbuat dari kayu saja bisa meraih prestasi, tentu jaman sekarang yang lebih baik pasti juga bisa. Yang penting pertama harus ada kemauan, dua ada kesatuan, itu kunci untuk meraih prestasi," sambungnya.

Bukan hanya dikenal di Tanah Air saja, Tan Joe Hok juga pernah masuk dalam majalah Sports Illustrated, sebuah majalah ternama di Amerika, banyak yang menjulukinya sebagai pembunuh raksasa.

Berikut ini adalah prestasi yang pernah didapat pada masa keemasannya,

1. Juara Thomas Cup 1958, 1961, 1964.
2. Juara All England 1959.
3. Juara Kejuaraan Nasional 1956.
4. Juara US Open 1959&1960.
5. Juara Canadian Open 1959&1960.
6. Juara Asian Games 1962.

3