Pebulutangkis Wanita Cina Terbukti Pakai Doping

Selasa, 24 November 2015 14:07 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Menurut laporan media Cina, Xinhua, Xiaohan diduga menggunakan doping saat berlaga di turnamen Gwangju Universiade. Padahal, pihak federasi bulu tangkis Cina telah melakukan tes doping tiga hari sebelumnya dan hasilnya negatif.

Xiaohan yang bermain di nomor ganda putri itu pun tetap melenggang ke kompetisi tersebut dan berhasil memenangakan medali perak bersama pasangannya. Pasca terbukti menggunakan doping, medali perak hasil kemenangannya pun langsung ditarik BWF.

“Yu Xiaohan telah terbukti positif menggunakan diuretic furosimade dan gelar yang diraihnya di turnamen itu telah dicabut,” ujar Zhao Jian, wakil direktur pusat doping Cina seperti dilansir Badminton Planet.

Zhao juga menambahkan jika pebulutangkis 21 tahun itu akan mendapat hukuman atas ulahnya menggunakan doping. Pihak FUSC menyebut jka mereka telah menerima laporan seputar penggunaan doping Xiaohan sejak Juli 2015, dan medalinya telah resmi dicabut sejak September lalu.

Xiaohan telah aktif menjadi pebulutangkis ganda putri China sejak 2012 lalu. Sebelum mencuatnya skandal doping ini, gadis kelahiran tahun 1994 itu berhasil membuat terobosan bersama partnernya, Ou Dongni, dengan lolos ke semifinal Malaysia Terbuka 2015.

3