Mantan Pebulutangkis Indonesia Ini Jadi Idola Pebulutangkis Denmark

Sabtu, 9 Januari 2016 21:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Salah satu mantan atlet tepok bulu tanah air yang kini telah berpindah status kewarganegaraan, Tony Gunawan adalah salah satu mantan pebulutangkis yang telah berhasil mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

Medali Olimpiade Sidney tahun 2000, gelar juara dunia 2001 di nomor ganda putra, dan masih banyak lainnya membuat pria 40 tahun tersebut menjadi sosok panutan dan idola bagi atlet Denmark, Mathias Boe yang juga menekuni bulutangkis di nomor ganda putra. 

Dalam satu sesi wawancara dengan DNA India, Boe mengungkapkan bahwa dirinya mengidolakan Tony Gunawan.

"Mungkin saya mengidolakan cukup banyak pemain. Namun saya memiliki beberapa nama yang benar-benar menginspirasi saya saat masih muda. Dia adalah pebulutangkis asal Indonesia, Tony Gunawan," ujar Boe.

"Tony telah memenangi semuanya, Olimpaide, Kejuaraan Dunia dengan pasangan yang berbeda-beda. Bagi saya, dia adalah pebulutangkis ganda putra terbaik sepanjang sejarah," tambahnya.

Boe juga menambahkan kalau dirinya merasa senang pernah bermain bersama Tony Gunawan meski hanya dalam sebuah liga di Denmark. Bersama Carsten Mogensen, Boe yang merupakan salah pasangan terbaik Denmark juga tak ragu untuk mengatakan jika dirinya mencoba meniru permainan dari pebulutangkis Indonesia tersebut.

"Bahkan saya merasa istimewa bisa bermain bersamanya di Liga Denmark. Tony sangat menginspirasi saya dan dia adalah pemain dengan tipe yang sangat saya sukai. Saya juga mencoba untuk menirunya, dia adalah seorang idola," tandasnya.

14