Malaysia Open

Jonatan Christie Kurang Mental Juara

Senin, 11 April 2016 12:01 WIB
Editor: Joko Sedayu
© PBSI
Jonatan Christie kalah dari Chen Long dengan skor 21-8, 19-21, 14-21. Copyright: © PBSI
Jonatan Christie kalah dari Chen Long dengan skor 21-8, 19-21, 14-21.

Jonatan Christie secara mengejutkan mampu menembus babak semifinal Malaysia Open 2016. Padahal, pebulutangkis 18 tahun itu tampil mulai dari babak kualifikasi, namun mampu mengalahkan unggulan tujuh asal Taiwan, Chou Tien Chen, pada babak pertama.


Jonatan Christie membuat kejutan dengan lolos ke semifinal Malaysia Open 2016.

Puncaknya, Jonatan bertemu nomor 1 dunia asal China, Chen Long. Meski kalah, peraih medali emas SEA Games 2015 itu membuat Chen Long kewalahan dengan memaksa bermain sebanyak tiga set.

Menurut pelatih tunggal putra Hendri Saputra, kekalahan Jonatan dari Chen Long tidak lepas dari faktor pengalaman dan mental juara. Pada laga tersebut, Jonatan kalah 21-8, 19-21, 14-21.


Jonatan Christie kurang pengalaman dan mental juara dari Chen Long.

"Jonatan masih kurang pengalaman untuk finishing touch-nya. Dia mesti ada satu pengalaman dan mental juara. Kalau kita lihat kemarin Chen Long tidak main menyerang, dia tinggal defend saja," kata Hendri seperti dikutip dari rilis PBSI yang diterima INDOSPORT.

"Tapi karena dia (Chen Long) punya mental juara, dia bisa mengatasi problem ini. Salah satunya, menunggu Jonatan melakukan kesalahan, yang memang dilakukan Jonatan di poin-poin terakhir."

"Saya rasa nggak gampang buat Jonatan melewati itu kemarin. Di samping fisik dan staminanya juga sudah berkurang, tekanan Jonatan sudah berkurang, sementara Chen Long sudah on fire lagi," sambung Hendri.

29