Badminton Asia Championships

Hadapi Juara Dunia, Ini Strategi Owi/Butet di Final Kejuaraan Asia

Sabtu, 30 April 2016 21:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© HUMAS PP PBSI/INDOSPORT
Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir lolos ke final Badminton Asia Championship 2016. Copyright: © HUMAS PP PBSI/INDOSPORT
Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir lolos ke final Badminton Asia Championship 2016.

Tontowi /Liliyana sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung, dua set langsung, 21-16 dan 21-13 di babak semifinal BAC. Hasil ini pun membawa mereka melaju ke final dan akan bertemu unggulan pertama, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Menanggapi hal tersebut, Tontowi pun membeberkan strategi yang akan diusung kala menghadapi Zhang /Zhao yang juga merupakan pasangan ganda campuran nomor satu dunia.

“Buat besok kami lebih jaga fokus aja, harus lebih tenang. Sama siapin fisik aja,” ungkap Tontowi seperti rilis yang diterima INDOSPORT.


Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berpeluang mempertahankan gelar juara di BAC 2016.

“Kalau kami lihat beberapa pertemuan terakhir kami nggak jauh jaraknya. Kaya pas di Kejuaraan Dunia juga kan nggak jauh jaraknya. Cuma mungkin kami kurang tenang, ini yang harus diantisipasi. Walaupun kami sudah unggul jauh nantinya, kami harus tetap konsisten. Karena mereka untuk cari poinnya lebih tenang. Walaupun mainnya sudah enak dan unggul kami tetap harus konsisten, sampai poin 21. Sebelum poin 21 itu belum menang,” tambah Liliyana.


Zhang Nan/Zhao Yunlei akan menjadi lawan Tontowi/Liliyana di babak final BAC 2016.

Pertemuan terakhir kedua pasangan ganda campuran ini terjadi di Korea Open 2015. Saat itu Tontowi/Liliyana menyerah dua set langsung dengan 16-21 dan 15-21.

Mereka tercatat telah bertemu selama 17 kali dengan rekor 5 kemenangan untuk Owi/Butet dan 12 kemenangan untuk Zhang/Zhao. Kemenangan terakhir diraih Owi/Butet atas Zhang /Zhao adalah di 2014 lalu pada kejuaraan All England.

9