Olimpiade Rio de Janeiro

Ini Pebulutangkis Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Rio

Senin, 9 Mei 2016 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© PBSI
 Copyright: © PBSI

Bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-65, PBSI kemudian merilis nama pemain yang akan dikirim ke Olimpiade 2016 nanti. Dari sepuluh nama yang disebutkan, tidak ada perubahan berarti, kecuali satu jatah tunggal putri kemudian di percayakan kepada Linda Wenifanetri.

Linda yang gagal seleksi untuk masuk tim putri Piala Uber 2016 di Kunshan, China, menyisihkan atlet non-pelatnas, Maria Febe Kusumastuti. Terkait hal itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky pun memaparkan alasan pemilihan Linda serta target Indonesia di olimpiade.

"Dari daftar pemain top yang dirilis BWF (Federasi Bulutangkis Dunia), Linda bisa masuk 16 besar. Jadi kami memilihnya berdasarkan (melihat) rilis itu," kata Rexy saat jumpa pers usai pelepasan tim Piala Thomas dan Uber Indonesia di Cipayung.

"Selain itu melihat head to head dengan lawan-lawan nanti, Linda lebih meyakinkan ketimbang Febe," sambungnya.

Sementara itu, Nitya Krishinda Maheswari yang kali ini absen di Piala Uber juga tetap dipastikan akan berlaga di Olimpiade mendatang berpasangan dengan Greysia Polii di nomor ganda putri.

Dinomor ganda campuran, ada dua pasangan yang akan berangkat ke Brasil yakni, Juara All England 2016, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Nama Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri akan mewakili Indonesia di sektor tunggal putra dan putri, sedangkan di ganda putra dipercayakan kepada Hendra Setiawan/Muhammad Ashan.

Berikut daftar Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Rio 2016: 

Tunggal putra: Tommy Sugiarto
Tunggal putri: Linda Wenifanetri
Ganda putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Ganda putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari
Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto

20