Ini Petuah Sang Legenda untuk Pebulutangkis Muda Indonesia

Rabu, 8 Juni 2016 10:54 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Minarti Timur adalah peraih gelar Indonesia Open 5 kali secara beruntun pada tahun 1995-1999 bersama pasangannya, Tri Kusharjanto.

Menurut sang legenda, ada tiga rahasia untuk dapat menaklukkan Istora dan memenangkan banyak gelar. Yang pertama adalah persiapan yang matang, kedua tidak boleh cepat puas dan terakhir, harus berpikir positif.

"Untuk menghadapi sebuah turnamen, persiapan yang dilakukan harus matang, latihannya yang serius dan sungguh-sungguh. Selain itu, sebagai pemain, tidak boleh cepat puas. Dalam setiap pertandingan yang dijalani, harus bermain maksimal dan berusaha untuk memenangkan pertandingan tersebut,” imbuhnya seperti rilis PBSI yang diterima INDOSPORT.


Minarti Timur, salah satu legenda pebulutangkis Indonesia.

“Terakhir, harus selalu berpikir positif, karena sebagai tuan rumah, kita diuntungkan dari segi penguasaan lapangan dan dukungan dari penonton bisa membuat kita lebih percaya diri," tambahnya.

Peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 ini juga mengatakan, baginya dukungan penonton yang sangat antusias pastinya menambah semangat dan membuatnya termotivasi untuk bermain maksimal dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.


Pendukung Indonesia yang datang menyaksikan di Istora Senayan, Jakarta.

Selain itu, ia juga memberikan tips untuk seluruh bibit muda Tanah Air agar bisa menjadi juara di rumah sendiri pada masa mendatang.

"Yang utama pastinya persiapan harus bagus, jangan jadikan status kita sebagai tuan rumah itu menjadi beban. Harus bisa menikmati permainan, sehingga bisa main lepas dan pantang menyerah sampai poin terakhir," kata peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 1997 ini.


Ihsan Maulana, harapan terakhir Indonesia yang juga takluk dari wakil Malaysia, Lee Chong Wei.

"Untuk mengatasi masalah angin yang cukup kencang dan riuhnya sorak sorai penonton, pemain harus bisa lebih fokus dan konsentrasi pada permainan sendiri. Dan yang terakhir dan paling penting, jangan lupa berdoa. Dengan persiapan yang maksimal, usaha yang maksimal di lapangan, dan doa mohon kekuatan pada Tuhan, bukan hal mustahil kita dapat memenangkan pertandingan tersebut," tutupnya.

Turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016 telah selesai pada tanggal 5 Juni kemarin, di mana tidak ada satu pun wakil Indonesia berhasil menjadi juara. Hal inilah yang membuat sang legenda turut angkat suara.

70