AS Terbuka 2016

Serena Williams Tersungkur, Juara Baru Akan Lahir di AS Terbuka

Jumat, 9 September 2016 08:15 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Petenis nomor 1 dunia Serena Williams lagi-lagi gagal untuk kembali menjuarai AS Terbuka. Sebelumnya, pada AS Terbuka 2015, pemilik 6 trofi ajang Grand Slam yang diadakan di Flushing Meadows tersebut, juga tersingkir pada babak semifinal.

Kali ini, Serena takluk dua set langsung dari unggulan ke-10 asal Ceko, Karolina Pliskova. Kekalahan Serena dari Pliskova jelas mengejutkan, karena selain tampil sebagai petenis tuan rumah, atlet 34 tahun itu adalah unggulan pertama di AS Terbuka.

Gugurnya Serena pada babak semifinal AS Terbuka tahun ini memastikan akan keluar jawara baru. Selain Pliskova yang belum pernah memenangkan AS Terbuka, dua semifinalis lainnya Caroline Wozniacki dan Angelique Kerber belum pernah menjuarai AS Terbuka.

Sebelumnya, pada AS Terbuka tahun lalu, ketika Serena tersingkir pada babak semifinal, juara baru juga muncul. Pada 2015 petenis asal Italia, Flavia Pennetta, menjadi juara baru di Billie Jean King National Tennis Center.


Pennetta menjadi juara baru AS Terbuka pada 2015.

Pada duel Serena dan Pliskova, bermain di lapangan Stadion Arthur Ashe, Kamis waktu setempat atau Jumat pagi (09/09/16) WIB, Serena terlihat menjanjikan setelah memenangkan game awal pada set pertama. Namun setelah unggul 1-0, Serena tertinggal 1-3 dari Pliskova.

Setelah Serena memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3, Pliskova semakin tak terbendung. Hanya dengan membutuhkan waktu 26 menit, petenis 24 tahun itu menutup set pertama dengan kemenangan 2-6.

Kalah pada set pertama membuat adik dari Venus Williams itu seperti kebakaran jenggot. Serena langsung tancap gas dengan memenangkan game pertama ketika set kedua dimulai.

Namun lagi-lagi, Pliskova memberikan perlawanan sengit. Pertandingan pada set kedua pun harus ditentukan melalui tie-break setelah Pliskova mampu menyamakan kedudukan menjadi 6-6 pada game ke-12.

Gilanya, pada tie-break pun duel Serena dan Pliskova membuat penonton yang berada di Stadion Arthur Ashe berdecak kagum. Setelah melahap hampir 1 jam, akhirnya Pliskova keluar sebagai pemenang setelah menutup set kedua dengan skor 6-7 (5-7).


Pliskova secara mengejutkan mampu menyingkirkan Serena.

Kemenangan Pliskova atas Serena adalah yang pertama dalam kariernya. Pada pertemuan pertama mereka di Stanford Classic 2014, Pliskova dikalahkan Serena dengan skor 5-7, 2-6.