Superliga Junior 2016

Superliga Junior 2016, Ajang Regenerasi Srikandi dan Arjuna Indonesia

Rabu, 16 November 2016 23:19 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Arief Rahman Hakim
© Devie Novitasari/Indosport
Konferensi pers Superliga Junior 2016. Copyright: © Devie Novitasari/Indosport
Konferensi pers Superliga Junior 2016.

Superliga Junior 2016 merupakan kejuaraan bulutangkis beregu usia di bawah 19 tahun yang akan berlangsung di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, pada 21-26 November 2016.

Dengan mengusung format seperti kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup, kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir Liem Swie King untuk tim putra dan Piala Susy Susanti untuk tim putri.

Susy pun mendukung penuh kegiatan ini. Mendapat kehormatan atas penggunaan namanya untuk piala bergilir tim putri, dirinya berharap ajang positif ini dapat membantu regenerasi bulutangkis Indonesia.


Superliga Junior 2016 ajang yang baik untuk regenerasi pebulutangkis Indonesia.

"Ini adalah suatu ajang yang positif untuk regenerasi. Selain mengasah kemampuan, pemain pertandingan beregu harus mampu menahan ego serta mengasah solidaritas antar rekannya untuk semangat memenangkan pertandingan," jelas peraih medali emas di Piala Uber 1994 dan 1996 ini kepada INDOSPORT, dalam acara konferensi pers Blibli.com Li Ning Superliga Junior 2016, di Aston at Kuningan Suites, Jakarta Selatan.

Ibu tiga anak ini menilai Superliga Junior 2016 sebenarnya untuk lapis kedua, pebulutangkis yang disiapkan untuk jadi aset masa depan Indonesia. Dia berharap akan ada kejuaraan untuk lapis ketiga karena menurutnya pembinaan itu harus berkesinambungan.


Susi Susanti menilai Superliga Junior 2016 baik untuk regenerasi berkesinambungan bulutangkis Indonesia.

"Saya melihat ini sebenarnya untuk lapis kedua. Saya sebetulnya berharap ini bukan cuma lapis kedua tapi juga lapis ketiga karena untuk pembinaan itu harus berkesinambungan. Jangan sampai kita hanya fokus, mungkin di pemain utama, regenerasi untuk ke atasnya menjadi sedikit terlambat,” papar Susy.

“Karena itu regenerasi yang selanjutnya harus kita persiapkan. Memang saat ini regenerasi yang ada harus di-push lagi karena untuk pembinaan kita tidak boleh hanya berfokus di satu titik aja, kita harus berlapis-lapis menyiapkan," tegasnya.

Selain peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992 itu, CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, juga berharap kejuaraan ini dapat berperan terhadap regenerasi atlet dan meningkatkan popularitas bulutangkis yang nantinya akan memajukan industri bulutangkis itu sendiri.

"Dukungan kami menjadi bagian dari kejuaraan ini diharapkan dapat berperan terhadap regenerasi atlet bulutangkis. Kami juga berharap dengan meningkatnya popularitas bulutangkis dapat memajukan industri bulutangkis itu sendiri," tambah Kusumo.

Suasana konferensi pers Superliga Junior 2016.

Kejuaraan yang juga didukung oleh PB PBSI ini diharapkan, dapat juga menjadi alat ukur kompetensi atlet-atlet muda di Indonesia untuk berlanjut ke jenjang perlombaan skala dunia.

"Kejuaraan ini menjadi satu ajang baru untuk berkompetisi para bibit berbakat. Selain itu ajang ini dapat sekaligus mengukur kompetensi setiap atlet muda di Indonesia untuk melanjutkannya ke jenjang perlombaan skala dunia," jelas Basri Yusuf, Kepala Bidang Pengembangan PB PBSI. 

Kejuaraan ini disponsori oleh Blibli.com dan Li Ning Indonesia. Kejuaraan tahun ini diikuti oleh 8 regu peserta putra yaitu, Exist Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Wilayah Jatim-Bali, Wilayah DI Yogya dan Wilayah Jabar-Banten.

Tim putri terdiri dari 7 regu yaitu Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Wilayah Jatim-Bali, Wilayah DI Yogya dan Wilayah DKI Jakarta.