Thailand Masters 2017

Kalahkan Si Cantik Ohori, Busanan Persembahkan Gelar Juara

Minggu, 12 Februari 2017 16:15 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© system.bwf
Pebulutangkis asal Thailand, Busanan Ongbumrungpan. Copyright: © system.bwf
Pebulutangkis asal Thailand, Busanan Ongbumrungpan.

Busanan Ongbumrungpan berhasil meraih gelar juara Thailand Masters 2017 usai menaklukkan tunggal putri asal Jepang, Aya Ohori di babak final. Busanan tanpa kesulitan menaklukkan permainan Aya dalam waktu 57 menit, dengan skor akhir 21-18 dan 21-16.

Peraih medali emas Asian Games 2015 ini bersaing ketat dengan Aya Ohori di game pertama. Setelah unggul 3-1, Ohori sempat membalik keadaan hingga poin 5-6. Namun setelah itu, Ohori tak mampu lagi mengejar Busanan.


Busanan Ongbumrungpan.

Pada game  kedua, Ohori sempat membuka harapan membawa laga ke rubber game. Namun setelah unggul 6-11, Busanan perlahan mengejar.

Kesalahan-kesalahan yang terus dilakukan Ohori dimanfaatkan dengan baik oleh Busanan sehingga ia berhasil membalik keadaan 14-12. Busanan yang telah kembali mendapatkan ritme permainannya tak kesulitan menghadapi permainan Ohori. Ia pun mengakhiri laga dengan kemenangan setelah kembali unggul 21-16.


Aya Ohori.

Kemenangan ini membuat atlet 20 tahun itu menambah koleksi gelar juara. Busanan yang menduduki peringkat 12 dunia, sebelumnya meraih gelar juara di ajang Indonesian Masters 2016 dan Malaysia Masters 2012 lalu.

Satu wakil tuan tuan rumah di nomor ganda putri, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, tumbang saat menghadapi unggulan satu asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan dengan skor 21-16, 21-15.


Aya Ohori.

Thailand saat ini masih memiliki dua wakil yang belum bertanding. Pada nomor ganda campuran, ada Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang akan melawan wakil China, Zhang Nan/Li Yinhui.

Selain itu, tunggal putra Kantaphon Wangcharoen akan menghadapi satu-satunya wakil Indonesia, Tommy Sugiarto.

299