Piala Davis 2017

Takut Bermain di Pakistan, Tim Piala Davis Hongkong Pilih Mundur

Rabu, 22 Maret 2017 00:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Tim Pakistan saat melawan Iran di Piala Davis 2017. Copyright: © Getty Images
Tim Pakistan saat melawan Iran di Piala Davis 2017.

Tim Hongkong menolak untuk datang ke Kota Islamabad, Pakistan, untuk menjalani pertandingan Piala Davis. Menurut pernyataan resmi dari Federasi Tenis Internasional (ITF), alasan di balik keputusan tersebut adalah Hongkong masih menyangsikan tingkat keamanan di negara itu.

"ITF menyesalkan dan tidak menyetujui keputusan Hongkong, China, untuk menolak bermain di pertandingan Piala Davis yang akan berlangsung melawan Pakistan. ITF menangani dengan serius keamanan dari seluruh pemain, personel tim, ofisial, dan penonton. Kami yakin dengan prosedur keamanan yang kami miliki," demikian keterangan resmi dari ITF, dikutip SBS.

Kasus ini akan segera dibawa ke pengadilan independen untuk menentukan apakah Hongkong melanggar peraturan turnamen dengan keputusannya tersebut. Dengan keputusan ini pula Pakistan langsung melaju ke babak tiga Asia/Oseania Grup II.

Sebelumnya, Pakistan sendiri terpaksa menjalani pertandingan Piala Davis di negara lain di Asia/Oseania sejak 2010 karena masalah keamanan. Namun sejak bulan lalu, Pakistan diizinkan untuk menggelar laga di rumah sendiri dan telah bermain melawan Iran.

Negara di Asia Selatan itu tak menggelar pertandingan internasional apa pun sejak serangan bus oleh kelompok pria bersenjata yang menimpa rombongan kriket Sri Lanka pada 2009. Enam pemain terluka sedangkan dua warga sipil serta enam petugas keamanan tewas dalam tragedi tersebut.