Alan Budikusuma, Pencetak Sejarah Indonesia di Olimpiade

Rabu, 29 Maret 2017 22:17 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Bob Thomas/Getty Images
Alan Budikusuma saat meraih medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona. Copyright: © Bob Thomas/Getty Images
Alan Budikusuma saat meraih medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona.

Hari ini, merupakan momen spesial bagi Alan Budikusuma. Pasalnya, tepat hari ini, legenda bulutangkis Indonesia tersebut merayakan ulang tahun yang ke-49 tahun.

Pria yang lahir di Surabaya tersebut, sudah berkarier sebagai atlet bulutangkis sejak usia tujuh tahun. Setahun kemudian, Alan mulai bergabung dengan klub bulutangkis Rajawali yang terletak di Surabaya.

Mantan pemain nasional, Nyoo Kiem Bie turut mengasah bakat alam yang dimiliki Alan. Alan memiliki tinggi 177 cm dan berat 68 kg, tentu postur yang sangat ideal untuk seorang pemain bulutangkis.

Namun, pada saat remaja, Alan membuat sebuah keputusan yang sangat berani. Dia memilih untuk meninggalkan kampung halamannya dan bergabung dengan klub bulutangkis PB Djarum, yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Alan juga terkenal sebagai atlet yang tidak kenal lelah.

Usaha Alan tidak sia-sia. Berkat kerja keras dan kegigihannya, Alan berhasil meraih sejumlah gelar bergengsi seperti Belanda Open (1989), dua kali juara Thailand Open, yaitu pada 1989 dan 1991, China Open (1991), Jerman Open (1992), Piala Dunia (1993), dan Malaysia Open (1995).

Pada 1992, Alan menciptakan sebuah sejarah bagi Indonesia di pentas Olimpiade 1992. Betapa tidak, dia menjadi atlet bulutangkis putra Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas di event dunia tersebut. Ketika itu pada partai final, Alan mengalahkan rekan senegaranya Ardy B. Wiranata.

Well, selamat ulang tahun Alan Budikusuma!