Lin Dan Pastikan Ikut Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow

Jumat, 21 April 2017 08:32 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Pebulutangkis gaek China, Lin Dan akhirnya memastikan langkahnya menuju babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 yang bakal berlangsung di Glasgow, Skotlandia pada 21-27 Agustus mendatang.

Kepastian tersebut didapat setelah Lin Dan berhasil mendulang banyak poin usai juara di Malaysia Open Super Series Premier 2017 beberapa waktu yang lalu, serta yang teranyar setelah Lin Dan sukses melaju ke perempatfinal turnamen China Masters 2017 yang saat ini tengah berlangsung.

Hasil itu cukup untuk mengantarkan Lin Dan untuk ikut serta di Kejuaraan Dunia 2017. Selain itu, peringkat BWF menuju Glasgow saat ini menunjukkan Lin Dan berada di posisi ke-10 (55.558 poin), dan berada di belakang 3 rekan senegara seperti Shi Yuqi di peringkat ke-5 (68.383 poin), Chen Long di peringkat ke-7 (59.054 poin), dan Tian Houwei  posisi ke-8 (58.790 poin).

Lin Dan yang lolos ke perempatfinal China Masters 2017 telah memberikan cukup poin baginya untuk melampaui setidaknya salah satu dari mereka, saat daftar peringkat diperbaharui pada Kamis (27/04/17), yang juga akan digunakan untuk memastikan siapa yang berhak bertanding di babak kualifikasi Kejuaraan Dunia 2017.

© Allsport Co./Getty Images
Lin Dan pose dengan trofi dan hadiah setelah dirinya juara Malaysia Open Super Series Premier 2017. Copyright: Allsport Co./Getty ImagesLin Dan pose dengan trofi dan hadiah setelah dirinya juara Malaysia Open Super Series Premier 2017.

Lin dan Tian saat ini berada di perempat final China Masters (sementara Shi Yuqi dan Chen Long absen), sehingga setidaknya mereka mendapat tambahan 3.850 poin, yang akan membantu Lin menyalip Chen.

Jika Tian memenangkan pertandingan berikutnya untuk memasuki babak semifinal, dia juga akan menyusul Chen. Jika itu terwujud, Chen Long kemungkinan terpaksa absen pada babak kualifikasi.

Namun, harus dicatat bahwa kepastian dari peserta (dengan asumsi mereka telah memenuhi kriteria lain) adalah hak prerogatif dari masing-masing anggota BWF, dalam hal ini Asosiasi Bulutangkis China.

Skenario terbaik untuk China adalah bahwa keempat pebulutangkis China tersebut lolos kualifikasi karena berada di peringkat 8 teratas Menuju Glasgow di ranking BWF.

Sebagai informasi, satu anggota BWF bisa mendaftarkan maksimal 4 pemain atau pasangan jika memiliki total 4 pemain atau pasangan yang berada di peringkat 8 besar ranking Kejuaraan Dunia, yang mana poin yang dihitung berakhir pada 27 april 2017 nanti. Dan itu berarti ini adalah kesempatan terakhir bagi Lin Dan untuk mengumpulkan poin di turnamen China Masters 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%