Piala Sudirman 2017

Menuju Piala Sudirman, Performa Ganda Putra Terbaik Malaysia Belum Memuaskan

Rabu, 3 Mei 2017 10:37 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Copyright: © Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Harapan Malaysia untuk merengkuh Piala Sudirman untuk pertama kalinya berada di ujung tombak pemain terbaik mereka, yakni Lee Chong Wei dan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Namun pelatih nasional ganda putra Malaysia, Jeremy Gan, mengaku khawatir dengan penampilan Goh/Tan akhir-akhir ini. Ia pun mendesak mereka untuk segera kembali ke performa terbaiknya.

"Saya tak puas dengan penampilan mereka belakangan ini, saya sudah bilang pada mereka. Saya ingin mereka tahu bahwa mereka mampu. Mereka harus terus berlatih keras, tapi level performa mereka belum meningkat sejak olimpiade tahun lalu. Mereka juga harus melupakan status sebagai peraih medali perak olimpiade," tutur Jeremy kepada The Star.

Sempat menjadi pasangan terbaik dunia sejak tahun lalu, kini keduanya turun di peringkat keempat dunia. Mereka disalip oleh ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (1), Li Junhui/Liu Yuchen (2), dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (3). Meski begitu, Goh/Tan masih pillihan utama untuk masuk dalam skuat Piala Sudirman.

"Mereka masih pasangan nomor satu di negeri ini. Persiapan mereka dalam tiga minggu ke depan akan sangat penting untuk berada di puncak permainan mereka dalam Piala Sudirman. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi adalah alternatif baik. Mereka tampil baik akhir-akhir ini," tambahnya.

Malaysia sendiri akan tampil di Grup C bersama Jepang dan Jerman. Piala Sudirman tahun ini akan diselenggarakan di Gold Coast, Australia, pada 21 hingga 28 Mei mendatang.