Gagal Sumbang Poin, Owi/Gloria Ungkap Penyebab Kekalahan

Selasa, 23 Mei 2017 18:03 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Hendra Mujiraharja
© Humas PBSI
Tontowi Ahmad dan Gloria Emanuelle Widjaja. Copyright: © Humas PBSI
Tontowi Ahmad dan Gloria Emanuelle Widjaja.

Di laga yang digelar pada Selasa (23/05/17) malam, waktu setempat Tontowi/Gloria yang didaulat untuk turun di nomor ganda campuran gagal menyumbang angka untuk tim. Menghadapi Ashwini Ponnappa yang diduetkan dengan pemain muda India, Satwiksairaj Rankireddy, Tontowi/Gloria dipaksa menyerah dalam laga tiga game 20-22, 21-17 dan 19-21.

Di game pembuka, Tontowi/Gloria sebenarnya bisa memimpin raihan angka. Mereka berhasil terus memimpin hingga kedudukan 20-17.

Namun mereka gagal meraih angka yang diperlukan dan justru menyerah di poin-poin kritis, hingga akhirnya pasangan India sukses menutup set pertama dengan 20-22.

"Di game pertama kami sempat unggul, tetapi akhirnya kami harus kalah. Saya sendiri memang banyak melakukan kesalahan sendiri, dan hal ini membuat lawan lebih percaya diri," ujar Tontowi.

Di game penentu, Tontowi/Gloria sempat tertinggal jauh 7-15. Tetapi perlahan, servis Gloria berhasil mengoleksi tujuh angka dan selisih angka menipis menjadi 14-15. Namun sayang, hingga mendekati akhir pertandingan, Tontowi/Gloria sepertinya tak bisa lepas dari tekanan, banyak kesalahan yang mereka lakukan dan akhirnya takluk 19-21. 

"Di game kedua kami memang bisa mendominasi permainan, tetapi di game ketiga kami sempat tertinggal jauh dan akhirnya perlahan mulai mendekati perolehan angka mereka. Kami banyak tertekan di pertandingan tadi, dan kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini membuat mereka lebih percaya diri, dan hari ini memang permainan mereka pun bagus," tambah Tontowi.

"Saat tertinggal di game ketiga itu memang sempat mulai mendekat, tetapi kami lagi-lagi kami membuat kesalahan, dan ini membuat mereka lebih percaya diri. Sisi sebaliknya kami justru tertekan. Kami sudah mengeluarkan kemampuan terbaik kami, tetapi memang hasilnya belum sesuai harapan," pungkas Gloria.