Piala Sudirman 2017

Ini Rahasia Korea Hentikan Dominasi China di Piala Sudirman

Senin, 29 Mei 2017 00:23 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© HUMAS PBSI
Selebrasi tim Korea Selatan usai menjadi juara Piala Sudirman 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Selebrasi tim Korea Selatan usai menjadi juara Piala Sudirman 2017.

Harapan China untuk kembali membawa pulang trofi Piala Sudirman harus pupus. Dominasi China yang sudah enam kali berturut-turut tersebut menjuarai Piala Sudirman terputus kala dikalahkan Korea Selatan di ajang Piala Sudirman 2017.

Ya, dalam pertandingan final Piala Sudirman 2017 yang berlangsung di Carrara Indoor Stadium, Gold Coast, Australia, tim piala Sudirman China dipaksa menyerah 2-3 dari Korea Selatan, setelah pasangan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung mengalahkan Lu Kai/Huang Yaqiong dengan skor 21-17 dan 21-13.

Laga antara Korea Selatan melawan China ini memang harus dituntaskan hingga partai kelima. Tiongkok berhasil meraih poin dari dua peraih medali emas Olimpiade 2016, Zhang Nan/Fu Haifeng serta Chen Long. Tetapi Choi/Chae bisa mencuri kemenangan.

Namun, Choi Solgyu/Seo Seung Jae dan Jeon Hyeok berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

© HUMAS PBSI
Selebrasi tim Korea Selatan juara Piala Sudirman. Copyright: HUMAS PBSIEkspresi kebahagiaan tim Piala Sudirman Korea Selatan.

Usai pertandingan, Chae Yo Jung yang menjadi penentu kemenangan Korea Selatan menceritakan pengalamannya saat bertanding. Menurutnya, salah satu penyebab dirinya dapat meraih kemenangan adalah dukungan dari pelatih dan rekan-rekannya di luar lapangan.

"Saya memang kecewa dengan penampilan saya di perempatfinal dan semifinal dan ini membuat kami sempat kehilangan kepercayaan diri kami. Tetapi pelatih dan rekan-rekan terus memberikan semangat bahwa saya bisa mengalahkan mereka dan membuat kami bisa berpikir positif, mereka terus ada untuk mendukung kami," ujar Chae Yoo Jung seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Sedikit informasi, kemenangan di Piala Sudirman 2017 membuat Korea Selatan tercatat sudah empat kali memenangkan turnamen ini. Sebelumnya, mereka sudah pernah memenangkan Piala Sudirman 1991, 1993, dan 2003.